Kenapa Batik Bisa Meningkatkan Mood Pemakainya?

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang patut dibanggakan dan lestarikan keberadaannya. Batik ini punya aneka ragam motif yang tersebar di seluruh Indonesia dengan keunikan serta cirinya masing-masing.

Image : Bukalapak.com

Pekalongan menjadi salah satu kota yang terkenal oleh batiknya. Nah, motif batik tujuh rupa  menjadi salah satu motif batik dari Pekalongan yang paling digemari lho Scarflover. Motif ini menjadi favorit karena kabarnya motif batik ini bisa meningkatkan mood pemakainya, penasaran bagaimana motif batik tujuh rupa?.

Jika kita lihat motif batik tujuh rupa ini erat sekali kaitannya dengan nuansa alam. Dimana batik ini kerap menampilkan tumbuhan dan hewan sebagai motif di dalamnya. Nah, ternyata motif tumbuhan yang ada pada batik ini diadopsi dari motif tumbuhan pada keramik dari China. Motif tumbuhan tersebut kemudian dipadukan dengan berbagai macam hewan seperti naga, kupu-kupu, burung merah dan berbagai jenis burung lainnya. Ragam motif ini kemudian disempurnakan dengan warna warni cerah yang memukau sehingga mampu meningkatkan mood pemakainya.

Baca juga  Manfaat Sarapan Pagi untuk Memulai Aktivitas Sehari-Hari

Melihat motifnya yang begitu unik, Anda mungkin juga bertanya filosofi apa yang terkadung dari motif tersebut. Motif batik tujuh rupa sendiri menggambarkan bagaimana kehidupan orang-orang pesisir di Jawa yang mudah beradaptasi dengan kebudayaan luar. Oleh karena itu batik tujuh rupa ini juga memberikan makna kefasihan dan kelembutan. Perpaduan budaya lokal dan China pada motif batik tujuh rupa inilah yang akhirnya membuat unik, menarik dan menjadi favorit tersendiri oleh masyarakat.

Baca juga  Hati-hati, Selatan Pulau Jawa Berpotensi Tsunami

 

(CD)

Translate »