Betawi Juga Punya Batik, Ini Dia Motif dan Filosofinya yang Unik!

Anda mungkin selama ini hanya tahu kalo batik biasanya identik dengan kebudayaan orang jawa. Namun, tahukah Anda kalau Betawi juga punya Batik yang gak kalah keren dan sangat khas motifnya?. Nah, batik asal Betawi memiliki ciri khas tersendiri dengan warna-warnanya yang mencolok dan gambarnya yang unik.

Dalam sebuah buku berjudul “Batik Betawi: Dalam Perspektif Budaya Kreatif” karya Suwati Kartiwa, dijelaskan bahwa kemungkinan besar asal usul batik Betawi berasal dari asimilasi masyarakat Jawa dari daerah pesisir penghasil batik dengan masyarakat Betawi yang menyatu. Mereka berkumpul dan tinggal dalam waktu yang lama pada satu lingkungan kota Batavia. Setelah itu, mereka menyebarkan budaya dalam bentuk batik.

Baca juga  Ciri-ciri Taubat yang Diterima oleh Allah SWT

Lalu seperti apa motif batik Betawi dan filosofinya?

 

  • Motif Lereng Ondel-Ondel
image : jakarta-tourism.go.id

 

Ondel-ondel merupakan ikon Betawi yang dipercaya sebagai boneka penolak bala. Oleh karena itu, batik betawi memiliki motif ondel-ondel yang bermakna keselamatan, dengan harapan agar si pemakai mendapatkan kehidupan yang tentram dan jauh dari bala bencana, serta memiliki kehidupan yang jauh lebih baik lagi.

 

  • Motif Rasamala
Image : rri.co.id

 

Nah, kalau motif rasamala ini ternyata terinspirasi dari sejarah Jakarta di masa lampau, Scarflover. Motif batik ini merupakan penggambaran Belanda saat nasuk ke wilayah Sunda Kelapa. Pada saat itu, daerah Sunda Kelapa masih berupa hutan belantara yang dipenuhi dengan pohon jenis Rasamala.

Baca juga  Trik Merawat Sepatu Agar Tetap Awet Meski Kehujanan

 

  • Motif Nusa Kelapa
Image : rri.co.id

 

Motif Nusa Kelapa merupakan motif yang memiliki tema pemandangan alam. Ternyata motif ini memiliki ide desain dari Peta Ceila yang dibuat pada 1482- 1521 saat pemerintahan Prabu Siliwangi. Dari peta itu diketahui Jakarta pada masa lampau bernama Nusa Kelapa, lalu menjadi Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, hingga saat ini menjadi Jakarta.

 

  • Motif Salakanagara
Image : rri.co.id

 

Motif batik Salakanagara adalah motif yang mengangkat tema kerajaan pertama di Tanah Batavia pada tahun 130M. Nama Salakanegara sendiri berhubungan dengan kepercayaan warga saat itu yang menganggap bahwa Gunung Salak memiliki sebuah kekuatan yang besar.

 

(CD)

Translate »