Berbagai Macam Manfaat Klorofil Untuk Kesehatan

Seperti yang sudah diketahui, klorofil berfungsi untuk kelangsungan hidup tanaman. Namun, ternyata klorofil juga memiliki fungsi untuk kesehatan manusia. Klorofil mengandung banyak senyawa alami yang bisa membantu mencegah berbagai jenis penyakit.

Klorofil sendiri merupakan pewarna hijau alami pada tumbuhan yang berfungsi untuk menyerap energi dari sinar matahari. Klorofil  bisa diperoleh dari berbagai sayuran berdaun hijau, sehingga Anda tidak perlu mengonsumsi klorofil tambahan dari suplemen.

Klorofil dapat melawan beberapa penyakit karena mengandung vitamin, antioksidan, dan lain-lain. Berbagai macam manfaat klorofil untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

image: unsplash

Meningkatkan detoksifikasi dan mencegah kanker

Melansir dari Alodokter.com, klorofil telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan hati dalam membersihkan tubuh dari racun, zat berbahaya, atau limbah metabolisme secara alami. Proses inilah yang dikenal sebagai detoksifikasi. Mengonsumsi klorofil sangat bagus untuk mencegah dari kerusakan hati dan kanker sistem pencernaan, terutama kanker hati.

Baca juga  Tidak Hanya Membunuh kuman, Hand Sanitizer Ini Juga Melembapkan

 

Menghilangkan jerawat

Selain manfaatnya untuk tubuh, ternyata klorofiljuga mampu untuk mengurangi jerawat dengan cara mengoleskan ke permukaan kulit. Anda dapat menggunakan obat jerawat yang mengandung klorofil.

Namun, mengonsumsi klorofil secara berkala juga dapat membuat kulit wajah terasa lebih bersih dan terhindar dari jerawat.

 

Meningkatkan produksi sel darah merah

Manfaat klorofil lainnya yaitu dapat membantu menambah jumlah sel darah merah di tubuh. Klorofil ternyata juga dapat meningkatkan kualitas sel darah merah yang diproduksi, sehingga sangat bermanfaat bagi penderita thalasemia.

Baca juga  Atasi Sakit Pinggang Tanpa Perlu Dipijat

Klorofil juga memiliki struktur yang sangat mirip dengan hemoglobin, yang merupakan salah satu komponen utama penyusun sel darah merah. Hal tersebut membuat klorofil dinilai efektif untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan kekurangan hemoglobin, seperti anemia.

 

Meningkatkan daya tahan tubuh

Selain dapat mengatasi berbagai macam penyakit, klorofil juga dinilai dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Karena klorofil dapat membuat lingkungan sekitarnya menjadi basa dan bakteri anaerob yang bisa menyebabkan penyakit, tidak bisa bertahan di lingkungan yang basa tersebut.

Jadi, ada baiknya kebutuhan klorofil Anda tetap tercukupi dengan baik sehari-harinya untuk mencegah berbagai penyakit ya, Scarflover!

(HV) 

Translate »