5 Tanda Dan Bahaya Konsumsi Garam Berlebih Bagi Tubuh

Saat ini penggemar makanan asin, terutama junk food semakin banyak. Pasalnya, makanan asin dianggap lebih nikmat dibandingkan makanan dengan rasa lainnya. Namun, tahukah Anda bila mengkonsumsi makanan olahan garam tinggi dapat membahayakan kesehatan?.

Image by monicore from Pixabay

Ternyata, di dalam kandungan sodium pada garam memiliki efek yang membuat kita kecanduan seperti zat nikotin loh, Scarflover. Maka dari itu, Anda perlu tahu bahaya dari konsumsi garam berlebih bagi tubuh. Apa saja bahaya dan tandanya, berikut ulasannya!.

  1.       Mulut jadi kering

Hal pertama yang Anda rasakan saat mengkonsumsi garam berlebih adalah mulut menjadi kering. Tanda tersebut terjadi karena tubuh tidak dapat membedakan yang mana cairan garam dan mana cairan air mineral yang berujung pada ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan mulut menjadi kering.

  1.       Darah tinggi
Baca juga  Manfaat Kurma untuk Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Konsumsi garam berlebihan juga dapat menyebabkan darah tinggi. Bahaya satu ini sudah banyak diketahui orang. Akibat yang sering muncul yaitu terjadinya hipertensi atau paling parah dapat merusak dinding pembuluh darah. Bahaya sekali ya ternyata.

  1.       Sulit berkonsentrasi

Terlalu banyak konsumsi garam beryodium tinggi juga dapat mempengaruhi fungsi otak, lho. Hal tersebut terjadi karena akibat dari penurunan fungsi kognitif pada otak dapat menyebabkan sulit berkonsentrasi.

  1.       Munculnya Edema

Edema merupakan pembengkakan bagian tubuh yang sering terjadi akibat menumpuknya cairan, dalam kasus ini disebabkan oleh konsumsi garam beryodium tinggi. Hal tersebut bisa menjadi gejala dari sebuah penyakit, lho.

  1.       Lidah kebas dan mati rasa
Baca juga  Penyebab Belekan Pada Bayi

Tanda ini dapat kamu rasakan setelah mengkonsumsi garam dalam jumlah yang tinggi. Tingkat toleransi kepekaan lidah terhadap rasa asin menjadi tinggi, sehingga membuat makanan lain menjadi hambar atau tidak berasa.

Itulah tanda dan bahaya mengkonsumsi garam berlebih. Garam memang diperlukan untuk kesehatan tubuh, akan tetapi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Segera kurangi konsumsi garam untuk menjaga kesehatan tubuh ya Scarflover!

(IN)

Translate »