Tips Berbisnis dengan Frainchise ala Nilam Sari

8

Dalam acara Muslimah Creative Stream Fest yang digelar pada tanggal 23 April 2021. Scarf Media berhasil mendatangkan Nilam Sari selaku Founder Kebab Turki Baba Rafi dan Zuzu Beauty Skin Care.

Dalam membangun sebuah bisnis tentu memiliki tantangan dan rintangan sendiri bagi setiap orang. Apalagi mengingat kondisi pandemi yang tidak dapat terprediksi.

Semua harus pintar-pintar dalam memutar strategi agar bagaimanapun caranya, bisnis tersebut dapat bertahan meski harus berada di situasi yang tidak diinginkan.

Image: Muslimah Creative Stream Feast 2021 (23/04/21)

Belajar dari pengalaman Nilam Sari, bahwa semenjak pandemi ia merasa bisnis franchise yang ia miliki tidak mengalami peningkatan income meski sudah banyak cabang. Hal ini yang kemudian merubah dirinya untuk beralih dari franchise makanan ke produk kecantikan.

“Pada tahun 2019, Saya ada invest ke perusahaan pabrik kemungkinan punya teman. Nah, teman kebetulan kurang modal. Akhirnya, kita invest. Tapi, Saya tidak menjalankan operation sehari-hari. Jadi Saya hanya sebagai komisaris pasif. Semakin tahun dia ngasih laporan, Saya lihat bahwa tingkat pertumbuhanya lumayan juga dan kalo kita lihat trennya bahwa bisnis skin care itu lagi bagus banget” Ujar Nilam.

Mengingat bahwa standar kecantikan masyarakat Indonesia berbeda-beda. Bahkan setiap yang berbeda itu sebenarnya unik dan tetap menarik. Jadi Nilam berargumen agar perempuan Indonesia harus menjadi best version diri masing-masing. Karena ia percaya bahwa setiap orang tidak ada yang sempurna. Pasti memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Meskipun sudah beralih dari Bisnis makanan ke produk kecantikan, hal tersebut tidak menghentikan seluruh usahanya pada bisnis makanan. Ia tetap menjalankannya meski dengan cara yang berbeda. Yaitu dari dapur masing-masing mitra.

Karena tanpa disadari, bahwa salah satu faktor bisnis offline tidak memiliki peningkatan income saat pandemi ialah harus tetap bayar sewa tempat, karyawan, biaya operation dll. 

Untuk itu, Nilam Sari seorang Founder kebab turki baba Rafi beralih ke franchise virtual kitchen. Dimana sistem kerja yang dilakukan dimulai dari dapur masing-masing mitra.

“Kebetulan, pada tahun 2019 memiliki kerja sama dengan kementrian koperasi pemberdayaan perempuan. Kemudian ada 200 orang single mom yang bergabung bersama kitchen virtual. Disisi lain, hal tersebut juga akan memudahkan para karyawan untuk bisa bekerja dari rumah sambil mengurus anak” Jelas Nilam.

Sedangkan untuk biaya operation dan laporan keuangan, semua dilakukan dari rumah melalui handphone. Meskipun dana yang dibutuhkan mengalami penambahan, namun Nilam merasa ini lebih fleksibel dibanding sebelumnya.

Bagaimana Scarf Lover, apakah mulai tertarik dengan jejak Nilam Sari untuk membangun bisnis franchise dengan investasi? Jika iya. Berikut tips berbisnis dengan investasi!

1. Mengetahui 5 Standar Franchise.yaitu,

  • memiliki outlet lebih dari 3. Alasannya agar sistem duplikasi dan sistem management bisa Anda bandingkan dari setiap outletnya dan sudah terbukti. 
  • Kemudian, sudah berdiri lebih dari 5 tahun.
  • Ketiga, dilihat dari profitnya. Tentu dari sini kita tahu mengenai laporan keuangannya. Untuk itu, harus membuat laporan keuangan agar bisa dilihat sebuah perkembangan.
  •  Keempat, sudah memiliki Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI. Maksudnya ialah, pemikiran seseorang ini merupakan karya yang belum dimiliki orang lain dan memiliki nilai manfaat tentunya. 
  • Terakhir, memiliki Standar Operational Prosedur (SOP) yang jelas untuk membantu setiap orang dalam mengerjakan tugasnya.

2. Tentukan kepribadian untuk meyakinkan diri bahwa Anda cocok sebagai penerima dana (Franchise) atau pemberi waralaba (franchisor).

3. Memiliki alasan dan tujuan yang jelas. Agar memiliki visi misi yang sama.

4. Ada kerjasama dengan berbagai mitra. Seperti, mitra photoghrafer, creative, produksi, marketing, dll.

5. Franchisee bersifat berkelanjutan. Artinya usaha Anda dapat mengalami peningkatan. 

Penasaran lebih tentang dunia Franchise? Yuk saksikan Muslimah Creative Stream Feast 2021 di shopee.

(TS)