Punya Segudang Kegunaan, Berikut Manfaat Castor Oil Untuk Perawatan dan Kecantikan

Castor oil adalah jenis minyak nabati multi-purpose yang terbuat dari ekstrak biji tumbuhan Ricinus communis. Biji yang dikenal umum sebagai biji jarak ini sebenarnya mengandung enzim beracun bernama risin. Namun, proses pemanasan yang dilakukan saat proses ekstraksi membuat enzim risin menjadi tidak aktif, sehingga minyak tersebut dapat digunakan dengan aman.

Sejak zaman Mesir Kuno, castor oil telah diketahui manfaatnya untuk berbagai masalah kesehatan, seperti untuk mengobati penyakit iritasi mata, bahkan diberikan kepada wanita hamil untuk melancarkan persalinan. 

Di masa kini, castor oil yang memiliki beragam manfatat ini tetap dipakai sebagai obat herbal, kosmetik, bahkan sebagai bahan industri.

Berikut adalah manfaat dan kegunaan castor oil untuk perawatan dan kecantikan.

1. Melembabkan Kulit

image: beautytipsbynim.com

Castor oil sering menjadi bahan utama dalam berbagai produk kosmetik dan kecantikan. Hal ini dikarenakan castrol oil kaya akan asam risinoleat, asam lemak tak jenuh tunggal, yang berfungsi sebagai pelembab dan dapat digunakan untuk melembabkan kulit.

Baca juga  Apel Hijau Yang Bermanfaat Untuk Kecantikan

Meski penggunaan castor oil ke kulit dianggap aman untuk sebagian besar orang, namun dapat menyebabkan reaksi alergi juga pada beberapa orang.

 

2. Membantu Mengatasi Jerawat

Castor oil secara alami bersifat anti-mikroba, artinya dapat membantu melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Minyak ini juga bagus untuk mengurangi inflammation atau peradangan, yakni faktor yang dapat memperparah jerawat.

 

3. Menebalkan Alis dan Bulu Mata

image: unsplash.com

Kandungan asam lemak yang tinggi dari minyak ini sangat bagus untuk memperkuat alis dan bulu mata. Untuk mengaplikasikannya cukup sikat alis dan bulu mata di pagi dan sore hari dengan spoolie atau cotton bud.

 

4. Memperkuat Akar Rambut

Kita semua pasti mendambakan rambut yang panjang, tebal dan sehat, tetapi jika rambut tidak kuat dari akarnya, kita tidak akan pernah mendapatkan rambut seperti yang kita dambakan itu. Menggunakan castor oil dapat menjadi pilihan yang bisa dicoba dalam rangkaian perawatan rambut Scarf Lover, minyak ini dapat membantu memperkuat rambut dari akar dan menjaga kulit kepala tetap sehat, 

Baca juga  Beberapa Cara Memanfaatkan Timun Untuk Kulit

 

5. Memiliki Efek Anti-Inflammation

Asam Ricinoleic, merupakan asam lemak utama yang ditemukan dalam castor oil dan memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungannya yang bisa mengurangi rasa nyeri dan anti-inflamasi itu dipercaya dapat membantu mereka yang menderita penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis atau psoriasis.  

 

6. Melawan Jamur

Candida albicans adalah jenis jamur yang biasanya menyebabkan masalah gigi seperti munculnya plak, infeksi gusi, infeksi akar gigi dan infeksi lainnya pada mulut. Castor oil memiliki khasiat anti-jamur dan dapat membantu melawan Candida, sehingga dapat menjaga kesehatan mulut.

 

7. Membantu Penyembuhan Luka

Castor oil dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru yang dapat membentuk pelindung antara luka dan area luar, sehingga mengurangi risiko adanya infeksi. Selain itu castor oil dikatakan dapat mencegah penumpukan sel kulit mati yang dapat menunda penyembuhan luka.

 

(CD)

Translate »