Penyintas Covid-19 Idap Penyakit Mukormikosis, Apa Itu?

42

Sebagai penyintas Covid-19, ada beberapa penyakit yang kerap diderita. Salah satu yang wajib diperhatikan adalah mukormikosis.

Mukomirkosis merupakan penyakit infeksi jamur. Akan tetapi, infeksi jamur ini diklaim tidak akan menimbulkan ancaman serius bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Akan tetapi berbeda halnya pada orang yang punya kekebalan tubuh rendah.

Seperti yang dikutip dari laman Indian Express, selain faktor kekebalan tubuh yang rendah, memiliki masalah gula darah tinggi juga penyebab munculnya infeksi jamur mukormikosis.

Pasien yang paling rentan terhadap mukormikosis adalah mereka yang telah dirawat dengan di rumah sakit dengan menggunakan obat kandungan steroid dan obat lain untuk Covid-19, untuk mengurangi peradangan, kata Dr Rajeev Soman, Konsultan Dokter Penyakit Menular, Rumah Sakit Jupiter.

Kandungan steroid sendiri diketahui dapat memengaruhi kadar glukosa darah, terutama pada mereka yang sudah menderita diabetes. Hal tersebut maka bisa membuat pertumbuhan jamur semakin meningkat.

Adapun daerah yang paling sering terkena infeksi jamur ini adalah bagian hidung, mata, serta otak. Gejala yang bisa dirasakan seperti wajah bengkak, nyeri, mati rasa, mata bengkak, keluarnya darah atau cairan berwarna coklat kehitaman dari hidung.

Para dokter tersebut sepakat akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengumpulkan data-data terbaru mengenai mukomirkosis, sehingga penanganannya bisa jauh lebih efektif.

(AA)