Lakukan Hal Ini Untuk Cegah Sakit Kepala Karena Terlalu Lama Menatap Layar

Seringkali ketika Anda menatap layar komputer atau layar hp terlalu lama, Anda merasakan sakit kepala kepala dan mual. Apalagi untuk orang yang rutinitasnya memang menatap layar komputer setiap harinya sebagai tanggung jawab melaksanakan pekerjaan, tentu kondisi ini penting untuk diperhatikan agar tidak menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Image by StartupStockPhotos from Pixabay

Scarflover! dalam dunia kesehatan, terdapat istilah Computer Vision Syndrome alias sindrom. Sindrom ini berkaitan erat dengan computer yang berpengaruh pada gangguan pada mata dan kepala saat menatap layar komputer terlalu lama.

Secara umum, sakit kepala yang diakibatkan terlalu lama menatap layar computer disebabkan karena kurangnya mata untuk beristirahat. Istirahat secara regular penting meski pekerjaan terasa menumpuk, hal ini akan membantu mengatasi sakit kepala yang muncul.  Namun selain beristirahat dan menjauhkan diri dari layar computer, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut Scarflover!

Baca juga  Inilah, Syarat Lengkap Pasien COVID-19 yang Sudah Dinyatakan Sembuh

 

  • Memperbaiki postur tubuh

 

Ketika bekerja terlalu lama dibalik layar komputer seringkali kita berada pada posisi yang salah. Hal inilah yang terkadang memicu rasa sakit di kepala. Untuk menghindarinya Anda bisa memosisikan layar computer Anda berada pada level yang setara dengan mata, sehingga Anda tidak perlu menunduk.

 

  • Mengatur pencahayaan yang tepat

 

Mengatur pencahayaan ketika Anda sedang bekerja menggunakan komputer sangatlah penting. Jika Anda hanya menggunakaan cahaya dari laptop Anda saja hal ini sangat buruk bagi kesehatan mata. Aturlah cahaya komputer dengan tepat agar tidak menimbulkan sakit mata. Sebab pencahayaan yang terlalu gelap akan menyulitkan anda untuk melihat dan membuat mata bekerja lebih berat hingga menjadi sakit kepala. Sebaliknya pencahayaan terlalu terang juga dapat membuat mata menjadi sakit.

Baca juga  Apakah Aman Mengonsumsi Melatonin Setiap Malam?

 

  • Pakai kacamata filter

 

Kacamata bisa menjadi alternatif Scarflover untuk membantu mencegah sakit kepala karena computer. Dengan kacamata ini cahaya biru yang dipancarkan saat menatap layar computer disaring dan diminimalkan agar ketegangan mata penyebab sakit kepala dapat dikurangi.

 

  • Latihan Pernapasan dan Relaksasi

 

Cobalah untuk melakukan latihan pernapasan dan relaksasi sambil menutup mata secara berkala. Langkah ini bisa dimulai dengan mengambil napas panjang dengan perlahan beberapa kali, tahan dan lalu buang secara perlahan. Anda juga bisa melakukan relaksasi dengan melakukan peregangan untuk membantu meredakan ketegangan otot yang meningkatkan nyeri sendi.

(CD)

Translate »