Kuliner Halal dari Berbagai Negara di “Melting Pot” Singapura

Singapura terkenal sebagai melting pot (tempat tinggal masyarakat heterogen), dengan berbagai latar belakang budaya yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satu produk budaya ini adalah makanan. 

Anda dapat menemukan ragam makanan dari budaya berbeda di Singapura dari makanan Melayu, Peranakan, India, Timur Tengah, Asia Timur, dan Eropa.

Jangan khawatir, bagi Anda para Foodies yang mencari kuliner halal Singapura, pilihan makanan tak berhenti pada makanan Melayu yang mudah ditemui di Indonesia. 

Singapura tercatat sebagai destinasi paling ramah wisatawan Muslim di antar negara non-Muslim berdasarkan The Global Muslim Travel Index.

Anda bisa mengeksplorasi rasa makanan dari berbagai negara di Singapura, tanpa perlu ragu akan status halal tempat makan tersebut. Singapura merupakan destinasi terbaik untuk menikmati makanan halal dengan cita rasa dan jenis yang sangat bervariasi. 

Mari cicipi makanan dari delapan tempat makan halal di Singapura yang menyajikan makanan mancanegara. Simpan dulu daftar ini untuk kunjungan berikutnya ke Singapura.

1. Fika Swedish Cafe and Bistro

Swedish Meatball Dok. Facebook Fika Swedish Cafe & Bistro

Fika Swedish Cafe and Bistro menyediakan makanan tradisional khas Swedia. Uniknya, semua makanan dan minuman di kafe ini halal. 

Fika adalah kata yang mengungkapkan kebiasaan orang Swedia, berarti minum kopi bersama orang terdekat atau waktunya istirahat. 

Anda bisa bersantai sambil minum kopi dan makanan camilan manis ala Swedia seperti Swedish Pancake, Kladdkaka (kue cokelat), dan Apple Crumble Pie. 

Di sini juga tersedia aneka pasta dan makanan Swedia terkenal seperti Swedish Meatballs (bola daging ala Swedia) dan Swedish Lamb Stew (semur ala Swedia). 

Harga makanan di sini mulai dari 5 dollar Singapura atau setara Rp 55.000.

Alamat: 257 Beach Road, Singapore 199539

Cara menuju Fika Swedish Cafe and Bistro: Berhenti di Stasiun MRT Bugis, jalan kaki 550 meter (7 menit)

2. The Dim Sum Place 

Molten Salted Egg Custard Bun Dok. Website The Dim Sum Place

Rasanya tidak lengkap jika ke Singapura belum mencicipi makanan khas Tionghoa. Anda bisa berkunjung ke The Dim Sum Place, restoran chinese food ala Kanton halal. 

Restoran ini menyediakan lebih dari 100 jenis makanan Kanton, dengan spesialisasi dim sum halal, lengkap dengan mie, seafood, daging panggang dan makanan penutup.

Sebut saja Molten Salted Egg Custrad Bun (pao isi custrad telur asin), Deep Fried Carrot Cake (gorengan lobak gurih), Peking Duck Wrap (bebek peking panggang), dan Congee with Mixed Sefood (bubur dengan berbagai seafood). 

Porsi makanan di restoran ini terbilang besar, sehingga cocok untuk makan bersama keluarga. Harga makanan di sini mulai dari 2 dollar Singapura atau setara Rp 20.000 

Alamat: 

  • 791 North Bridge Road, Singapore 198759  
  •  Changi City Point Outlet, 5 Changi Business Park Central 1, Changi City Point, #B1-30/31 Singapore 486038

Cara menuju The Dim Sum Place: Berhenti di Stasiun MRT Bugis, jalan kaki 650 meter (8 menit)

3. Beng Who Cooks 

Protein bowl Dok. Facebook Beng Who Cooks

Makanan satu ini cocok bagi Anda pencinta gaya hidup sehat. Beng Who Cooks merupakan restoran spesialisasi protein bowl halal dengan harga terjangkau. 

Pelopor restoran ini adalah koki Jason Chua, olahragawan Muhammad Ridhwan dan pelatih gym Fairuz Mohamed. Beng Who Cooks kini menjadi favorit banyak warga lokal Singapura. 

Baca juga  Sudut Kota Singapura yang Instagramable, Patut untuk diabadikan di Liburan Berikutnya!

Menu makanan di sini adalah menu DIY (Do-it Yourself), pengunjung bisa memilih gabungan protein, sayuran, dan saus yang diinginkan. Harga makanan di sini mulai dari 6 dollar Singapura atau setara Rp 65.000 per porsi.

Alamat: 39 Neil Road Singapore 088823

Cara menuju Beng Who Cooks: Berhenti di Stasiun MRT Chinatown, jalan kaki 550 meter (6 menit)

4. Picanhas’

Picanhas’ Don Dok. Facebook Picanhas’

Restoran Brazil dengan makanan halal terbilang unik dan sulit ditemui di tempat lain, tetapi ada di Singapura.  

Picanhas’ dibuka oleh warga Singapura Muslim Shaleh Jati yang ingin membuat makanan halal enak dengan harga terjangkau. 

Makanan andalannya adalah The Queen of Steak yang menggunakan daging sirloin atas, dipanggang dengan bara agar tekstur daging lembut dan harum. 

Ada juga Picanhas’ Don nasi bunga telang (butterfly pea infused rice) dengan daging sirloin atas, bawang yang dimasak sampai caramel (caramelised onion), acar kol (cabbage pickled), dan telur rebus setengah matang (onsen egg). 

Jangan lewatkan juga menu minuman mocktail 100 persen halal tanpa alkohol.

Alamat: 90 Club St, Singapore 069458

Cara menuju Picanhas’: Berhenti di Stasiun MRT Chinatown, jalan kaki 400 meter (5 menit).

5. Royz et Vous

New Zealand Hanger Steak Dok. Facebook Royz et Vous

Pilihan restoran ala barat yang menggunakan 100 persen bahan makanan halal adalah Royz et Vous. 

Ada banyak pilihan makanan di sini, mulai dari pasta, steak, sup, burger, dan dessert ada di sini. Berberapa menu andalannya adalah Roasted Boneless ‘Ayam Percik’, Smoked Duck, dan NZ Hanger Steak.

Jangan lupakan kopi dan cokelat yang menjadi andalan Royz et Vous karena berasar dari biji kakao asal Afrika Barat. 

Harga makanan di sini mulai dari 7 dollar Singapura atau setara Rp 76.000 dan minuman mulai 4 dollar Singapura atau setara Rp  43.000. 

Alamat: 137 Telok Ayer Street #01-01 Singapore 068602 dan cabang di Sultan Gate

Cara menuju Royz et Vous: Berhenti di Stasiun MRT Raffles Place, jalan kaki 500 meter (6 menit). 

6. The Ramen Stall 

Chasu Chiken Ramen Dok. Website The Ramen Stall

Ingin makan mananan Jepang halal saat di Singapura? Cobalah berkunjung ke The Ramen Stall. 

Restoran ini terkenal di kalangan penduduk lokal, tak hanya menjual ramen ada pula sushi, sashimi, bento, BBQ ala Jepang, dan Healthy Rice Bowl. 

Makanan andalan di sini adalah ramen yang kaldunya dimasak lebih dari 30 jam. Rasa kuahnya kaya dan milky. Tidak ada tambahan MSG di ramen ini, sehingga cocok disantap Bersama anak-anak.

Harga makanan di The Ramen Stall mulai dari 2 dollar Singapura atau setara Rp 20.000.

Alamat: 787 North Bridge Road, Singapore 198755

Cara menuju The Ramen Stall: Berhenti di Stasiun MRT Bugis, jalan kaki 600 meter (8 menit). 

7. Wanderlost Lounge – By The Halal Mixologist

Kombucha di Wanderlost Lounge Dok.  Facebook Wanderlost Lounge – By The Halal Mixologist

Lounge yang berlokasi di atap gedung distrik bisnis (CBD) Singapura ini menawarkan pemandangan yang indah dan memberikan suasana yang nyaman saat menikmati minuman. Uniknya, Wanderlost Lounge – By The Halal Mixologist menjual 100 persen mocktail atau coktail non alkohol. 

Baca juga  4 Tren Healing Tahun 2023

Pemilik Wanderlost Lounge – By The Halal Mixologist adalah seorang Muslim. Selain mocktail ada berbagai makanan yang dimasak dengan cara dibakar seperti steak dan burger. 

Tempat ini juga ramah akan pengunjung anak. Di sini ada berbagai camilan manis dengan tampilan menarik.

Harga makanan di sini mulai 4 dollar Singapura atau setara Rp 42.000 , sementara mocktail mulai 13 dollar Singapura atau setara Rp 140.000. 

Alamat: Realty Centre, 15 Enggor Street #12-01 12th floor, Singapore 079716

Cara menuju Wanderlost Lounge – By The Halal Mixologist: Berhenti di Stasiun MRT Tanjong Pagar, jalan kaki 400 meter (5 menit)

8. Bazaar Ramadan di Geylang Serai

Dok. Facebook Ramadhan Bazaar Singapore

Bazaar Ramadan di Geylang Serai adalah acara rutin tahunan yang digelar saat bulan Ramadhan di Geylang, Singapura. 

Ada banyak penjual makanan dan camilan halal yang unik dari takjil sampai makanan hipster, seperti praffle yakni adonan waffle campur prata dengan saus chili crab, lobster roll atau hot dog isi lobster, lobster isi nasi lemak, cakwe dengan berbagai topping, roti panggang warna-warni, semangka volcano, aneka merek boba, dan makanan tradisional seperti kuih (kue basah), otak-otak, dan dendeng. 

Bazaar yang jumlah stallnya berkisar 500-800 ini juga menjual pakaian Muslim, dekorasi Lebaran, dan berbagai acara menarik. 

Bazaar Ramadan di Geylang Serai adalah melting pot mini Singapura, karena di sini masyarakat dari berbagai latar belakang berkumpul dan merayakan Ramadhan. 

Sayangnya Ramadhan Bazaar pada musim pandemi ini diselenggarakan secara online untuk keamanan semua pengunjung. Pengunjung bisa ikut bazaar online, melihat pertunjukan komedi, dan ikut kelas memasak gratis.

Silakan kunjungi: https://www.facebook.com/WismaGeylangSerai/ untuk informasi lebih lanjut terkait Bazaar Ramadan di Geylang Serai.

Cara mengatahui restoran atau hawker halal di Singapura sangat mudah. Ikuti panduan mencari restoran atau hawker halal di Singapura yang dimuat dalam buku saku Muslim Visitor Guide to Singapore, seperti berikut: 

1. Logo Halal Certified Establishments oleh MUIS

Logo halal MUIS Dok. Singapore Halal Certification Wareeshalal.sg

Jika kamu menemukam logo ini di restoran Singapura, berarti restoran tersebut sudah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Islam Singapura (MUIS). 

MUIS merupakan badan resmi yang berhak mengeluarkan sertifikat halal dan mengatur regulasi industri halal di Singapura, termasuk restoran. 

2. Perusahaan oleh Pengusaha Muslim

Selain logo dari MUIS, pemilik restoran Muslim di Singapura diizinkan untuk  membuka tempat makan tanpa akreditasi formal dari MUIS . 

Restoran ini sudah pasti menggunakan 100 persen bahan makanan halal. Restoran ini umumnya menjadi langganan penduduk Muslim lokal. 

Tempat-tempat di atas tersebut sudah memiliki sertifikasi SG Clean sehingga pengunjung bisa merasa aman. Singapura menyelenggarakan kampanye SG Clean untuk menjamin standar kebersihan di tempat umum dari berbagai insdustri, termasuk industri pariwisata dan layanan makanan.

SG Clean dibuat untuk keamanan dan kenyamanan semua orang, termasuk Anda yang berkunjung ke Singapura khususnya pada masa pandemi COVID-19. 

Simpan agenda dan pilihan tempat makan halal di Singapura ini saat pembatasan perjalanan antar negara dibuka. Nikmati makanan dari berbagai negara dengan jarak mudah dijangkau dan harga bersahabat di “melting pot” Singapura yang seru. 

Translate »