Keutamaan Membaca Surah Al-Waqiah

Surah AlWaqiah merupakan surah yang berbicara tentang kepastian hari kiamat, dalam surah ini dijelaskan mengenai kejadiankejadian di hari kiamat. Selain itu surah ini mempunyai kandungan fadilah bagi yang membacanya, para mufassir banyak yang menjelaskan tentang fadilah tersebut, bahwa fadilah membacanya dapat melancarkan rezeki. Dari sini dapat dilihat bahwa relevansi surah dan fadilah surah alWāqi’ah sangat jauh sekali, dimana isinya berbicara tentang kepastian hari kiamat sementara fadilahnya dapat melancarkan rezeki.

Image by chiplanay from Pixabay

 

Melansir dari Sayyid Quthb, Tafsir FIZhilalil Qur’an: Di bawah Naungan AlQur’an. Surah Al Waqiah ini tidak menyebutkan apa yang terjadi apabila kiamat ini benarbenar terjadi, tidak dapat didustakan, serta merendahkan satu golongan dan meninggikan golongan yang lain. Apabila bumi digoncangkan sedahsyatdahsyatnya, dan gununggunung dihancur luluhkan sehancurhancurnya, maka jadilah ia debu yang berterbangan. Scarf Lover, inilah keutamaan membaca surah Al Waqiah.

  1. Dijauhkan dari kemiskinan
    Jika seorang umat muslim rajin membaca surat Al Waqiah setiap hari maka ia akan mendapatkan pahala dan akan dijauhkan dari kemiskinan.
  2. Memperoleh kekayaan dan rezeki berlimpah
    Jika surat Al Waqiah dibaca sebanyak 14 kali seusai salat Ashar maka orang tersebut akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah dan tidak akan ada habisnya.
  3. Akan dikabulkan seluruh hajat yang berhubungan dengan rezeki.
    Jika surat Al Waqiah dibaca sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka insya Allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.
  4. Mempermudah sakaratil maut
    Jika orang yang sedang sakaratul maut dibacakan surat Al Waqiah, maka akan dipermudah ruhnya keluar dari jasad seseorang, sehingga tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama.
  5. Dilindungi dari kemudharatan dunia.
    Jika surat Al Waqiah ini dibacakan untuk atau wanita dan juga gadis. Maka akan berguna untuk melindungi diri dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus terhindar juga dari kemiskinan.
  6. Tidak akan ditimpa kefakiran.
    Dilansir dari pernyataan Abdullah bin Mas’ud yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Scarf Lover itulah keutamaan surah Al Waqiah yang banyak sekali kandunganya dalam setiap ayatnya.

Baca juga  Cara Mengatasi Quarter Life Crisis

(DT)

Translate »