Ketahui Perbedaan Hiperpigmentasi Dan Melasma

Anda pasti sudah tidak asing dengan adanya beberapa bintik warna cokelat pada wajah.  Namun, pasti Anda bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab dari timbulnya bintik warna tersebut. Lalu apa sebenarnya bintik warna yang ada pada wajah?

image: unsplash

Bintik warna yang ada pada wajah bisa dinamakan dengan hiperpigmentasi dan melasma. Hiperpigmentasi dan melasma adalah dua kondisi kulit utama yang menyebabkan perubahan warna, dan meskipun tidak sama, istilah bintik hitam, bintik penuaan, pigmentasi, hiperpigmentasi, dan melasma terkadang digunakan secara bergantian.

 

Apa itu hiperpigmentasi?
Melansir dari Good House Keeping, “Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang umum di mana bercak kulit lebih gelap daripada kulit di sekitarnya,” kata Dokter Mitchell. Bisa dibilang hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang berubah warna atau menggelap karena berbagai faktor, salah satunya saat pigmen pemberi warna kulit berlebihan.

Baca juga  Rekomendasi Body Wash untuk Atasi Jerawat Punggung

Penyebab hiperpigmentasi juga bermacam-macam seperti sinar matahari, bekas luka, bekas jerawat, eksim, dan psoriasis.

 

Apa itu melasma?

Melasma ialah suatu kondisi ketika muncul bercak-bercak cokelat di wajah yang  dapat disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan atau paparan sinar matahari. Biasanya melasma muncul di area yang banyak terpapar sinar matahari seperti wajah, dagu, dahi, hidung, leher, dan bibir. 
Melasma tidak menimbulkan sakit, gatal, atau rasa tak nyaman lainnya. Namun pada beberapa kasus, bercak bisa berubah menjadi kemerahan atau bahkan mengalami peradangan.

 

Baca juga  5 Rekomendasi Acne Patch Terbaik Untuk Serap Jerawat

Meski memiliki perbedaan, cara penangan hiperpigmentasi dan melasma hampir sama. Namun penanganan melasma lebih sulit karena bergantung pada hormon dan sebaiknya Anda bisa menanyakannya ke dokter kulit.

(HV)

Translate »