Kenali Gejala Psikomatis

Scarf Lover, apakah Anda pernah mengeluh sakit kepala atau asam lambung tiba-tiba kambuh? Jika Anda pernah merasakan hal-hal tersebut,  bisa jadi itu adalah gejala psikomatis.

Mari kita kenali apa itu Psikosomatis.

image: rsupersahabatan.co.id

Menurut Nevid,dkk. (2014) Psikosomatis adalah keluhan fisik yang disebabkan oleh psikis (pikiran dan emosi negatif) yang muncul dalam bentuk keluhan fisik mulai dari kepala sampai dengan kaki. Keluhan tersebut muncul secara berulang-ulang hingga obat-obatan medis menjadi tidak efektif mengurangi keluhan yang dirasakan.

Baca juga  5 Mitos dan Kesalahpahaman Tentang Varises

 

Lalu Apa Penyebabnya?
Gejala atau keluhan fisik muncul akibat terjadi peningkatan aktivitas impuls saraf dari otak ke berbagai bagian tubuh. Kemudian terjadi pelepasan hormon adrenalin (epinefrin) ke dalam aliran darah, sehingga menyebabkan munculnya keluhan fisik. Disamping itu, otak juga berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, jiwa yang tidak sehat juga akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kita.

 

Cara Mengatasi Saat Gejala Psikosomatis Muncul
1. Berpikir Positif
Penting bagi kita untuk selalu berpikir positif terhadap segala sesuatu yang dialami baik itu permasalahan hidup ataupun keluhan fisik yang dirasakan.

Baca juga  Waspada! Penggunaan Pengering Tangan Memiliki Dampak Tidak Baik Bagi Kesehatan

2. Kenali emosi dan pikiran-pikiran negatif
Memahami apa yang menjadi penyebab munculnya keluhan fisik.

3. Kelola stres
Anda dapat melakukan kegiatan yang Anda senangi, relaksasi, mencari dukungan dengan menceritakan permasalahan yang dialami pada orang terdekat.

4. Mintalah bantuan tenaga kesehatan, jika keluhan tak kunjung membaik.

(DT)

Translate »