Dilarang Menggunting Kutikula, Ini Alasannya!

19

Memiliki kuku yang indah adalah impian tiap perempuan. Definisi kuku yang indah bagi tiap orang tentu berbeda, ada yang senang memiliki kuku panjang, ada pula yang lebih suka ukuran pendek. Kemudian ada pula yang suka menghiasnya dengan mengoleskan cat kuku agar terlihat lebih stand out.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tersebut, tak jarang mereka rela menghabiskan waktu untuk melakukan perawatan manicure dan pedicure di salon.

Pada saat melakukan perawatan, banyak beautycian yang menghilangkan kulit kutikula di sekitar kuku dengan cara digunting atau didorong ke dalam. Kutikula adalah kulit di sekitar kuku yang melindungi bantalan kuku Anda.

Photo by Kristina Paukshtite from Pexels

Sekilas, kuku akan tampak lebih ‘rapih’ dari biasanya. Akan tetapi, apakah menghilangkan kutikula dibutuhkan?

Menurut laman Mcleanskin, memotong atau menghilangkan kutikula akan membuat kuku Anda terkena infeksi bakteri, jamur, dan virus yang menyakitkan, Jika dibiarkan akan membutuhkan waktu lama untuk sembuh.

Kutikula adalah garis pertahanan untuk bantalan kuku Anda, jadi apabila dihilangkan secara paksa akan membuat pertahanannya hilang.

Untuk itu, tak apa untuk Anda tetap melakukan perawatan kuku, bila hanya sekadar dibersihkan. Namun lebih baik hindari menghilangkan kutikula demi nilai estetika semata.

Dibandingkan harus menghilangkan kutikula, Anda bisa merawatnya dengan rutin menggunakan minyak khusus kutikula sehingga akan terasa lebih lembut.

Yuk selalu bijak dalam hal perawatan diri, Scarf Lover!