Cara Menyimpan Daging Sapi Agar Tahan Lama

Biasanya, jauh hari dari momen lebaran sebagian orang sudah mempersiapkan bahan-bahan makanan untuk dimasak ketika melengkapi moment lebaran nanti.

Salah satunya, semur daging ketupat. Agar daging yang disimpan memiliki kualitas rasa dan kebersihan yang aman. Ikuti tips berikut yuk Scarf Lover! 

1. Usai beli, segera masukkan kulkas

Setelah membeli daging mentah, ada baiknya segera masukkan ke dalam kulkas. Namun, jangan langsung dimasukkan ke dalam freezer. Masukkan dulu ke bagian chiller dengan suhu 4 derajat C agar daging tidak mengalami perubahan suhu yang drastis dari ruangan ke freezer. Hal ini dilakukan agar tidak merusak kualitasnya. 

2. Pastikan membungkus daging dengan rapat

Jangan sepelekan membungkus atau mewadahi daging khususnya daging dengan kadar lemak yang tinggi. Karena daging yang berlemak lebih mudah mengalami freezer burn atau mengeras. Bila Scarf Lover tidak menutupnya dengan rapat, maka daging akan mengalami beku dan kualitasnya berkurang.

Baca juga  Intip Menu! Salad Jeruk dengan Arugula dan Pecan
Image: oleh Lukas dari Pexels

3. STOP kebiasaan mencuci daging sebelum dimasukkan ke kulkas

Scarf Lover tahu gak sih, bila Anda memiliki kebiasaan mencuci daging agar bersih sebelum masuk kulkas itu adalah keliru. Sebaiknya segera hentikan tindakan ini. Karena bakteri pada daging sebenarnya tidak akan hilang dengan hanya dicuci namun, faktanya bakteri hanya akan mati ketika dimasak dalam suhu tertentu.

4. Memberi Tanggal pada setiap daging yang dilentakkan dikulkas

Memebrikan tanggal pada kemsaan daging ini bertujuan agar Scarf Lover mengetahui mana daging yang sebaiknya dimasak duluan atau sebaliknya. Karena daging sapi dan ayam memiliki daya tahan yang berbeda. Bila daging sapi kuat disimpan pada freezer dengan suhu dibawah 18 derajat C kurang lebih sekitar 6-12 bulan.

Baca juga  Catat! Ini Buah yang Ampuh Atasi Masalah Peradangan

Sedangkan ayam bisa lebih tahan lama, yaitu 1 tahun asalkan disimpan dalam freezer dalam keadaan segar.

5. Pastikan temperatur kulkas sebelum Anda menyimpan didalamnya!

Sebelum meletakkan daging sapi maupun ayam, ada baiknya Scarf Lover mengecek temperatur pada kulkas di bawah 18 derajat C. Selain itu, pastikan juga isi kulkas tidak penuh. Bila ini terjadi, maka sirkulasi udara tidak mengalir dengan baik. Namun sebaliknya, bila kurang terlalu kosong juga tidak diperbolehkan. Karena ini akan menyebabkan kulkas berusaha lebih keras untuk mendinginkan makananan sehinga daya listrik yang mahal.

(TS)

Translate »