Baca Doa Ini Ketika Malam Lailatul Qadr

20

Orang-orang yang beriman dan percaya kepada Allah SWT bahwa ialah maha pemilik dunia serta seisinya, tidak akan melewatkan do’a untuk meminta kepadaNya. Khususnya, ketika memasuki 10 malam terakhir bulan Ramadan. 

Nabi SAW bersabda: “Carilah malam Lailatul Qadr di sepuluh malam terakhir diBulan Ramadan” (HR Bukhari Muslim).

Jika seorang hamba benar-benar membutuhkan sesuatu, pasti selalu melibatkan Allah lewat do’a. Karena percayalah, Allah akan mengambulkan doa hamba-hambanya khususnya pada 10 malem terakhir yang lebih ditekankan pada malam-malam ganjil.yaitu malam ke 21. 23, 25, 27,29.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Lalu, do’a apa yang harus kita baca pada malm lailatul Qadr tersebut? 

Dari Aisyah RA berkata, “aku pernah bertanya pada Rasulullah SAW yaitu, jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadr, lantas apa do’a yang mesti kuucapkan?”

 Jawab Rasul SAW, berdo’alah: اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي 

 “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni”

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha memberikan maaf dan engkau suka memberikan maaf- mengahapus kesalahan- karenanya maafkanlah aku-hapuslah dosa-dosaku)” HR. Tirmidzi & Ibnu Majah.

Mengutip perkataan Ustad Muhammad Nuzul Dzikri, bahwa setiap doa tidak akan punya power yang kuat untuk dikabulkan bila tanpa pentadabbur-an. Untuk itu, berdoakan dengan penuh kepercayaan akan diijabah. Karena Allah tidak mengabulkan do’a yang hatinya lalai.

Dari Abu Hurairah RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda : “Berdo’alah kalian kepada Allah dalam keadaan yakin akan  diijabah, dan ketahuilah bahwasanya Allah tidak akan mengijabah do’a dari orang yang hatinya lalai dan main-main” (H.r. Tirmidzi no 3479). 

Yuk Scarf Lover kita sama-sama mengadu kepadaNya tentang semua yang kita inginkan, semoga Allah permudah semua urusan kita. Aamiin Yaa Rabbal ‘alamin. 

(TS)