6 Cara Ajarkan Anak Jadi Calon Penghafal Al-Quran Sedari Kecil

 

Mempunyai anak yang soleh dan solehah tentu idaman setiap orang tua . Apalagi jika anak tersebut seorang penghafal Al-Quran . Sungguh sangat beruntung sekali orang tuanya. Karena , disitu terdapat janji Allah SWT  yang luar biasa untuk kedua orangtua jika anaknya seorang penghafal Al-quran. 

Tentunya, tidak hanya di dunia saja tapi di akhirat juga. Seperti, mendapatkan mahkota kehormatan, ditempatkan bersama malaikat yang mulia, ditinggikan derajatnya, mendapat pertolongan Allah dan masih banyak lagi .

image: pexels

Sebagai orangtua pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya . Termasuk urusan akhirat. Seperti yang dikutip dari laman ayeina_official  berikut tips untuk membantu Anak Anda menghafal Al-Quran :

 

Mulailah dengan Diri Anda Sendiri

 

Menghafal Al-Quran  tentu bukan hal yang mudah bagi sebagian anak . Maka dari itu, sebelum Anda membimbing Anak Anda untuk menghafal Al-Quran, ada baiknya apabila Anda  memberikan contoh terlebih dahulu .

Anak biasanya akan mengikuti perilaku orang tuanya, maka mulailah dari diri Anda untuk membaca Al-Quran.  Dan apabila Anda mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar  hal tersebut akan memudahkan Anda dalam membantu Anak Anda menghafal .

Baca juga  Tips Mengajarkan Anak Solat Mulai Sejak Dini

 

 

Ketahui Gaya Belajar Anak

 

Tentu setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Maka dari itu, penting untuk orang tua mencari tahu gaya belajarnya . Tujuannya agar anak merasa nyaman dalam proses belajar dan ilmu lebih mudah untuk diterima . Ada tiga jenis gaya belajar anak ,

1. Tipe belajar Aural

 Biasanya untuk tipe anak seperti ini,  Anda dapat membiarkan anak bermain dengan tenang sambil ayat Al-Quran diputarkan atau dibacakan .

2. Tipe belajar Visual 

Tipe belajar anak dengan cara ini biasanya meminta anak menuliskan ayat-ayat yang mereka coba hafal dan meminta anak Anda menunjuk ayat yang sedang di baca . Hal ini tentu akan memudahkan anak menghafal Al-Quran dengan menyimpan gambaran di memorinya .

3. Tipe belajar Kinestetik

Tipe belajar ini biasanya menggunakan isyarat untuk menyampaikan pesan sambil menjelaskan terjemahan atau tafsirnya . Misalnya, Pada surah Al-Ikhlas , kata “ahad” sambil membayangkan dan mengangkat jari telunjuk yang artinya “Esa”.

Baca juga  Kandungan yang Terdapat Dalam Surah Ar-Rahman

 

Mulailah Sedini Mungkin

 

 

Banyak orang bertanya kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan Anak menghafal Al-Quran? Hanya Anda yang paling mengenal anak Anda, Anda bisa mencobanya sedini mungkin. Karena  hati yang tidak banyak bersalah dapat menyerap lebih baik .  

 

 

Ulangi Sesering Mungkin

 

        Se-rajin dan se-tekun apapun seseorang  apabila tidak diulang pelajarannya pasti akan  lupa. Maka dari itu, penting untuk para orang tua membantu anak untuk mengulang-ulang hafalannya . 

 

 

Menciptakan Suasana Belajar Mendukung

 

Dengan suasana yang mendukung akan membuat Anak lebih fokus dan terbangun semangatnya. Anda dapat duduk bersama anak Anda di ruang keluarga sambil  mengahafalkan Al-Quran bersama-sama . 

 

 

Konsisten dan Tetap Berdoa

 

Sebagai orang tua, jangan menyerah dalam membimbing anak dan jangan biarkan anak menyerah pada diri sendiri. Berpikir dan berkatalah yang positif bahwa Anda mampu membantu anak Anda dalam menghafal Al-Quran dan anak Anda juga pasti bisa, karena ucapan adalah sebuah doa. 

(TS)

Translate »