Tips Mengatur Waktu Tidur yang Berkualitas Selama Ramadan

22

Selama Bulan Ramadan, tentu tidak hanya jadwal jadwal makan yang berubah.

Namun juga dapat mengganggu jadwal tidur. Hal tersebut terjadi karena Anda harus bangun lebih pagi untuk sahur dari waktu biasanya. 

Meskipun Scarf Lover harus bangun lebih pagi untuk menjalankan sahur,  Anda tetap bisa kok mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dengan mempertimbangkan tips berikut!

Tidur lebih awal setelah menjalankan ibadah

Sebagai umat muslim, menjalankan ibadah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. Makadari itu, jangan jadikan menjalankan ibadah sebagai alasan Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang baik. Anda tetap bisa kok mendapatkan kualitas tidur yang baik asalkan, langsung tidur setelah menjalankannya. Tunda segala hal yang dirasa tidak terlalu penting untuk dilakukan pada malam hari demi menjaga kesehatan tubuh, konsentrasi pikiran dan bisa bangun lebih pagi esok harinya.

Hindari menggunakan elektronik sebelum tidur

Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, ada baiknya Anda menghindari penggunaan elektronik sebelum tidur. Mengutip dari Cleveland Clinic Abu Dhabi, bahwa penggunaan elektronik seperti laptop, handphone dan TV sebelum tidur dapat menggangu kualitas tidur akibat cahaya biru yang dipancarkan dari layar. Ada baiknya sebelum tidur Anda membaca buku, berzikir, membanca do’a atau melakukan jurnal harian sebegai pengingat rasa syukur hari itu dan rencana hari besok.

Jaga pola makan dan minum

Foto oleh Ann Nekr dari Pexels

Selain mengatur jam tidur lebih awal dan menghindari penggunaan elektronik sebelum tidur, Anda juga harus mengatur pola makan dan minuman yang dikonsumsi Scarf Lover. Sebaiknya memghindari minum kafein sebelum agar tidak menggangu jam tidur dan menjadi tidur lebih berkualitas.

Sediakan sedikit waktu untuk tidur siang

Foto oleh Marcus Aurelius dari Pexels

Selain mengatur jam tidur lebih awal agar mendapatkan kualitas tidur yang lebih optimal dan memudahkan untuk bangun lebih pagi.  Ditengah-tengah kesibukan kerja saat bulan Ramadhan tentu Anda sangat merasa ngantuk sehingga menganggu fokus saat bekerja. Untuk itu, disarakan sediakan waktu tidur siang sebentar minimal 20 menit untuk memulihkan energi yang lesu dan menambahkan kefokusan. Jangan tertalu lama tidur karena jika terlalu lama Anda akan merasa pusing bukan tambah fokus.

Nah, itu dia 4 tips agar Anda tetap memiliki kualitas tidur yang berkualiatas meski harus bangun lebih pagi untuk sahur. Semangat menjalankan ibadah puasa, Scarf Lover!

(TS)