Tindakan yang Dapat Anda Lakukan Saat Merasa Kesepian

23

Mengutip dari laman health line.com bahwa kesepian terjadi ketika Anda menjadi terisolasi dan kebutuhan dalam interaksi sosial atau hubungan antarmanusia tidak terpenuhi. Dalam hal ini tentu setiap orang memiliki tingkat interaksi yang berbeda-beda dong pastinya!

Ada orang yang senang berinteraksi bersama temannya setiap hari namun ada juga orang yang lebih senang berinteraksi dalam seminggu hanya sekali.  Kesepian ini biasa dirasakan saat usai berkumpul dengan teman-teman kemudian suasana rumah merasa sepi dan berbeda.

Meski demikian, Scarf Lover bisa merubah rasa kesepian ini menjadi waktu menyendiri yang berkualitas. Seperti menciptakan peluang untuk penemuan jati diri, pemikiran kreatif, dan refleksi diri. Wah, ternyata banyak juga ya manfaat yang bisa didapatkan dari menyendiri.

Agar rasa menyendiri itu menjadi sesuatu yang memiliki dampak baik untuk diri sendiri, tentu Anda tidak bisa diam dan merenung saja. Berikut kegiatan yang bisa Anda coba!

1. Mendengarkan musik atau podcast

Photo by Charlotte May from Pexels

Dengan mendengarkan musik akan membuat suasana kamar menjadi tidak terlalu sepi. Anda bisa mengekpresikan rasa itu melalui lirik-lirik lagu yang dibuat oleh musisi. Selain mendengarkan musik, Anda juga bisa mendengarkan podcast-podcast informatif yang mmembuat Anda terhubung dengan orang lain secara tidak langsung dan membuat menambah wawasan.

2. Mengasah kemampuan atau mencoba skill baru

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Daripada merasa kesepian, lebih Anda mengasah skill yang sudah dimiliki atau skill baru yang ingin dimiliki. Entah dibidang musik, menulis, mendesain atau hal lainnya yang Anda tertarik dalam bidang tersebut. Dengan begini, Anda tidak hanya menghilangkan waktu kesepian tapi juga menambah skill dan memperbaiki kualitas diri. Tentu, waktu kesepian ini tidak menjadi sesuatu yang isa-sia bukan? 

3. Menonaktifkan sosial media

Photo by Magnus Mueller from Pexels

Melihat kehidupan seseorang pada sosial media memang sangat menarik. Apalagi, ketika Anda melihat mereka yang membagikan moment bersama pasangan atau keluarganya. Sehingga membuat kita membandingkan dan merasa kesepian. Namun perlu diingat bahwa sosial media adalah tempat yang penuh tipu daya. Kebanyakan orang hanya menampilkan sisi baik dan bahagia saja. Jadi, bila Anda perlu menonaktifkannya sementara, itu adalah hal yang wajar kok. Keluar dari itu semua dan menikmati kehidupan yang nyata. 

4. Lakukan saja apapun yang Anda sukai

Foto oleh RF._.studio dari Pexels

Saat merasa kesepian pada sudut kamar, kemudian binggung harus melalukan apa. Cobalah melakukan hal yang Anda sukai atau sesuatu yang mungkin sudah lama ingin Anda coba namun belum memiliki waktu luang. Sekarang saatnya lakukan! Seperti makseran, baca buku, berkebun atau hal lain yang disuka. Dengan melakukan sesuatu yang disuka ini, sama saja Scarf Lover peduli dengan perawatan diri, yang berperan penting dalam kesejahteraan secara keseluruhan.

Selamat mencoba tips diatas, ingat Scarf Lover tidak sendirian kok. Semangat! (TS)