Superfood, Ini 5 Manfaat Salmon untuk Kesehatan!

Salmon mendapat julukan superfood karena kaya akan nutrisi. Teksturnya yang lembut dan mudah diolah membuatnya banyak digemari. Ikan berwarna oranye yang sering disajikan dalam hidangan masakan Jepang ini sarat akan manfaat baik untuk kesehatan, lho! Penasran apa saja? Mari simak, 5 manfaat salmon untuk kesehatan berikut dilansir dari laman bbcgoodfood.com.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Jenis ikan berminyak seperti salmon sarat akan jenis lemak tak jenuh ganda yang disebut asam lemak omega-3. Asam lemak ini penting karena tubuh tidak dapat memproduksinya, jadi anda harus memasukkannya secara teratur ke dalam makanan yang dikonsumsi. Asam lemak omega-3 yang paling bermanfaat, secara alami terdapat pada jenis ikan berminyak berupa asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Kedua asam lemak itu dapat berkontribusi pada kesehatan jantung, membantu menjaga kesehatan kulit, persendian, dan keseimbangan hormon. Selain baik untuk jantung, kini para ilmuwan meneliti peran mengkonsumsi ikan dalam melindungi tubuh dari beberapa kanker,asma, tekanan darah tinggi, degenerasi makula, dan artritis reumatoid.

  • Mendukung fungsi otak
Baca juga  Rekomendasi Rok Unik untuk Maksimalkan Gaya Anda

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi teratur salmon dapat mengurangi pikun karena usia dan dapat meningkatkan daya ingat. kandungan asam lemak omega-3 yang bertanggung jawab untuk hal itu. Studi lain yang menyelidiki peran jenis ikan berlemak juga telah melihat manfaat lain untuk kondisi seperti penyakit Alzheimer, depresi, dan multiple sclerosis.

Image: unsplash
  • Anti-peradangan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak salmon dapat membantu menurunkan tingkat indikasikan peradangan. Jenis Ikan berminyak seperti salmon berperan penting dalam meredam efek peradangan, yang merupakan kunci untuk membantu menangani sejumlah penyakit kronis seperti diabetes dan kanker. 

  • Melindungi sistem saraf
Baca juga  Obat Pelangsing Menyehatkan, atau Membahayakan?

Warna merah muda yang terdapat dalam salmon berasal antioksidan pelindung yang disebut astaxanthin. Senyawa ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kolesterol bekerjasama dengan asam lemak omega-3 untuk melindungi otak dan sistem saraf.

  • Melindungi dari penuaan 

Salmon merupakan sumber protein yang baik. Protein penting guna menjaga kesehatan tulang serta membantu menyembuhkan dan memperbaiki kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan yang disebut astaxanthin dapat membantu menjaga elastisitas kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Luar biasa sekali kan manfaat mengkonsumsi salmon dari kesehatan otak sampai kulit. Anda dapat menambahkan salmon ke menu makanan anda. 

(JH)

Translate »