STOP Multitasking dan Coba Fokus dengan 7 Cara Sederhana Ini

13

Mencoba untuk fokus saat bekerja tentu bukan sesuatu hal yang mudah. Banyak sekali godaan yang menghambat pekerjaan utama. Akibatnya, pekerjaan tidak dapat selesai tepat waktu. 

Untuk itu, cobalah 7 tips berikut melansir dari lama health line.com untuk meningkatkan fokus pada satu pekerjaan.

  1. Singkirkan gangguan
Photo by Burst from Pexels

Hal wajib kita lakukan untuk meningkatkan fokus saat bekerja ialah, menghilangkan gangguan. Meskipun Anda tidak dapat menyingkirkan semuanya, Anda dapat berusaha untuk mengurangi atau menyingkirkan sebanyak mungkin gangguan. Seperti, pindah ke tempat yang lebih tenang, mematikan notifikasi handphone atau bahkan memberitahu orang-orang untuk tidak mengganggu Anda pada jam sibuk.

  1. Kopi dalam dosis kecil
Foto oleh Adrianna Calvo dari Pexels

Menurut sebuah studi 2010, minum kopi atau minuman berkafein lainnya, dalam dosis kecil dapat berdampak positif pada kemampuan Anda untuk focus. Namun perlu diingat, hal ini akan berdampak positif jika dalam dosis kecil. Jika Anda meminumnya terlalu banyak, Anda mungkin akan merasa cemas atau gugup sehingga dapat mengurangi kemampuan Anda untuk tetap fokus.

  1. Berlatih teknik Pomodoro
Photo by JESHOOTS.com from Pexels

Menjaga kefokusan membantu Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat. Meskipun kedengarannya cukup sederhana, namun tidak selalu mudah untuk dipraktikkan. Jadi, apabila fokus Anda sudah buyar, cobalah teknik Pomodoro. Teknik ini membantu Anda melatih otak untuk tetap mengerjakan tugas dalam waktu yang singkat. Begini cara kerjanya:

  • Atur timer Anda selama 25 menit dan mulai bekerja.
  • Saat bel berbunyi, istirahat 5 menit.
  • Kemudian, setel pengatur waktu lagi dan kembali bekerja.

Setelah Anda menyelesaikan empat putaran ini, berikan reeward your self berupa istirahat yang lebih lama, kira-kira 20 menit cukup. Jangan terlalu lama karena khawatir membuat Anda menjadi malas untuk memulai kembali. Mudah bukan Scarf Lover?

  1. Mengisi tubuh Anda
Photo by Anna Tukhfatullina Food Photographer/Stylist from Pexels

Setelah mengerjakan semua tugas pekerjaan Anda selama seharian, jangan lupa berikan makanan yang sehat dan bergizi untuk diri Anda. Agar tidak dihantui rasa lapar sehingga mengakibatkan kurang fokus. 

Jadi, agar otak Anda tetap fokus, tingkat energi naik dan emosi tetap seimbang, pastikan Anda tidak menunda atau melewatkan jadwal makan.

Menurut Harvard Medical School, Anda harus mengkonsumsi makanan terbaik untuk otak. Seperti, salmon, buahan, sayur-sayuran dan teh atau kopi dalam jumlah kafein sedikit. Hal ini dilakukan agar mendapatkan dorongan semangat esktra. Yang paling utama, jangan lupa konsumsi banyak air putih agar tidak terhidrasi.  

  1. Tidur yang cukup
Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Cara yang paling disepelekan banyak orang namun dapat berdampak besar pada kinerja Anda yaitu, kurang tidur.  Hal ini ternyata dapat berpengaruh dalam meningkatkan fokus dalam bekerja. 

Mengutip dari laman healthline, bahwa tidak cukup tidur dapat berdampak negatif pada memori jangka pendek maupun panjang Anda. 

Menurut sumber terpercaya mengenai waktu tidur, direkomendasikan untuk orang dewasa berusia 18-60 tahun minimal selama 7 jam dalam semalam. Sedangkan untuk orang yang lebih tua, dibutuhkan waktu selama 9 jam per malamnya.

Untuk meningkatkan kesehatan tidur Anda, hindari minuman berkafein setelah makan siang, matikan semua elektronik 1jam sebelum tidur karena cahaya dari perangkat ini yang menstimulasi otak sehingga membuat Anda tidak merasa ngantuk. Selain itu, coba luangkan waktu untuk baca buku, mandi air hangat atau mendengarkan musik yang menenangkan sebagai faktor pendukung yang membuat tidur lebih nyenyak.

  1. Buat jurnal dalam sehari
Photo by Content Pixie from Pexels

Menurut sebuah studi sumber terpercaya, bahwa melakukan aktifitas menulis dapat meningkatkan produktivitas. Makadari itu, cobalah membuat jurnal tentang kegiatan Anda hari ini sekaligus jurnal syukur agar Anda lebih bersemangat untuk menyambut hari esok.

  1. Fokus pada tugas serupa
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Apakah Anda termasuk orang yang dapat mengerjakan semua nya dalam satu waktu, alias “multitasking”? . jika iya, stop melakukan hal tersebut. Karena hal itu akan membuat Anda jadi tidak fokus. Akhirnya, kerjaan tidak terselesaikan dengan baik dan sempurna. Mulai sekarang, cobalah mengelompokkan tugas yang serupa dan benar-benar penting untuk dikerjakan lebih awal. Kemudian, baru kerjakan tugas yang lain.

Bagaimana Scarf Lover, apakah Anda sudah mencoba salah satu tips untuk meningkatkan fokus dalam bekerja? Jika belum, yuk praktikkan perlahan. Selamat mencoba!

(TS)