Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Divaksin

Vaksinasi covid-19 masih terus berjalan di Indonesia, beberapa elemen masyarakat mulai mendapatkan vaksin. Nah, sebelum vaksin masuk ke tubuh, berikut ini tips yang bisa Anda lakukan.

Reisa Kartikasari Broto Asmoro selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, memberikan tips persiapan sebelum proses vaksinasi COVID-19, supaya dapat berjalan lebih lancar, diantaranya:

  1. Sebelum datang ke lokasi untuk melakukan pendaftaran dan memastikan sudah terdaftar. Hal ini untuk menghindari antrian panjang yang menyebabkan kerumunan. Saat berada di lokasi pos vaksinasi tetap patuhi protokol kesehatan. 
  2. Disarankan untuk memeriksa dan meminta rekomendasi dokter terlebih dulu, khususnya untuk calon penerima vaksin yang memiliki komorbid, serta bersuhu tubuh normal di bawah 37,3° C dengan tekanan darah di bawah 180/110.
  3. Mempelajari rangkaian proses vaksinasi COVID-19 yang ada. Dalam pos vaksinasi, kita harus melalui tahapan registrasi atau verifikasi pendaftaran, penyaringan dengan anamnesa (wawancara pada pasien atau keluarga pasien), pemeriksaan/skrining kesehatan, vaksinasi serta registrasi setelah penyuntikan dan observasi selama 30 menit.
Baca juga  Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh dan Ragam Macam Pilihan Makanannya

Ketiga persiapan tersebut memberikan peluang bagi penerima vaksin dapat menikmati tiga dampak positif vaksin sebagai berikut:

  1. Kekebalan tubuh penerima vaksin akan terbangun sehingga siap menghadapi serangan Covid-19 apabila sampai terpapar.
  2. Beban tenaga medis akan turun dan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit akan meningkat drastis.
  3. Upaya memutus pandemi bersama-sama akan semakin terasa.
Baca juga  Vitamin D Bisa Usir Covid 19?

Seperti itu Scarf Lover dan saatnya untuk sukseskan program vaksinasi nasional agar kita memiliki kekebalan tubuh sehingga membantu mengurangi beban tenaga medis dan layanan kesehatan, serta agar pandemi COVID-19 lekas berakhir.

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id

(BR)

Translate »