Nadiem Makarim Resmi Dilantik Jadi Mendikbudristek

16

Presiden Jokowi membuat sebuah keputusan untuk melakukan penggabungan kementerian, yakni menggabungkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi. Hal ini tertuang dalam keputusan Nomor 72/P Tahun 2021 tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Sebagai Mendikbud, Nadiem Makarim ditunjuk dan dilantik oleh Presiden Jokowi untuk mengemban tugas yang lebih tinggi menjadi Mendikbudristek. Pelantikan tersebut dilakukan pada Rabu lalu, 28 April 2021.

image: instagram.com/nadiemmakarim/

Suatu kehormatan yang sangat luar biasa bagi saya hari ini atas amanah yang diberikan Bapak Presiden untuk memimpin instansi dengan ruang lingkup yang lebih luas.

Melansir dari laman resmi Kemdikbud, Nadiem Makarim memberikan keterangan bahwa dirinya sangat bersyukur dengan tugas yang diberikan. Dirinya menerima tugas baru tersebut dan bertujuan untuk bisa lebih memajukan bangsa Indonesia.

“Riset dan teknologi adalah hal yang dekat di hati saya sehingga harapan saya besar untuk benar-benar meningkatkan kualitas dan inovasi di perguruan tinggi kita dalam bidang riset dan teknologi sebagai bagian dari Tridharma perguruan tinggi. Kami juga berharap untuk dapat menjadi mitra dan bekerja sama secara dekat dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa penggabungan ini harus disikapi dengan semangat dan optimism agar kedepannya bisa menciptakan hal-hal yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Mari kita semua bergotong royong dalam menjalankan amanah besar ini dengan ketulusan hati, dan kami juga memohon kesabaran seluruh pemangku kepentingan untuk menunggu arahan yang tercantum di Peraturan Presiden yang mengatur skema organisasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.” katanya.