Mengenal Nama Singkatan Kuliner Indonesia yang Unik

14

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan kuliner dengan penuh citra rasa yang kuat. Mulai dari makanan berat hingga makanan yang ringan, Makanan pembuka hingga penutup. 

Meskipun semua sudah tersedia di Indonesia, namun pernahkan Anda mencoba dan mengetahui nama asli dari kuliner berikut? Ini dia penjelasannya

  •  Putu (Pencari Uang Tenaga Uap)
image: unsplash

Salah satu jenis makanan tradisional nusantara yang memiliki rasa manis ini, berasal dari isian gula jawa. Kemudian dibalut dengan parutan kelapa, dan tepung beras butiran kasar ini sering dikenal dengan sebutan kue “Putu” atau dikenal tenaga uap. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan. Biasanya, kue ini dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. 

  • Cuanki (Cari Uang Jalan Kaki)
image: pixabay

Cuanci merupakan salah satu jajanan yang berasal dari kota bandung. Dengan bahan dasar ikan, daging sapi, tepung tapioka, dan bumbu penyedap lainnya yang disajikan dengan kuah kaldu yang kuat berisi bakso, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus dengan taburan bawang goreng dan daun seledri. Cuanki sendiri dapat ditemukan pada pedagang kaki lima yang menunggang dagangannya sambal berjalan kaki.

  • Perkedel (Persatuan Kentang dan telur)
Sumber instagram @resepjajananpasar

Perkedel adalah makanan yang terbuat dari kentang yang digoreng atau direbus sebelum dilumatkan, lalu dicampur dengan daging cincang, irisan daun bawang serta daun seledri dan bumbu, dibentuk bulat-bulat gepeng, dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam lalu digoreng.

  • Ketoprak (ketupat toge digeprak)
Sumber foto instagram @jogjakakilima

Ketoprak merupakan campuran dari tahubihunmentimuntaoge, dan bisa juga memakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacangkecap manis, dan taburan bawang merah goreng. Dapat tambahan kerupuk atau emping melinjo. Atau bisa juga ditambahkan tempe.Biasanya, makanan ini disajikan untuk menu makan siang.

  • Es Doger (es dorong gerobak)
Sumber foto instagram @jogjafoodhunter

Es doger merupakan salah satu kuliner yang sering ditemui di BandungJawa Barat. Cocok sebagai makanan penutup, Es doger juga enak jika diminum setelah melakukan olahraga saat siang hari. Es ini merupakan campuran dari bahan dasar susu, parutan kelapatape,  ketan hitam, avokad, dan roti.

(TS)