Mengapa Tidur ke Sisi Kiri Disebut Ideal Untuk Ibu Hamil?

11

Scarf Lover tentu selama hamil banyak menghindari makan-makanan yang dilarang dokter, mengurangi aktivitas yang membahayakan calon Anak hingga menghindari olahraga yang terlalu ektrim, iya kan?.

Tidak hanya itu, saat perut terasa semakin membesar dari minggu ke minggu, Anda pasti menambahkan posisi tidur ke daftar masalah juga.

Mengutip dari laman healthline.com bahwa Dokter umumnya menganjurkan untuk tidur miring selama kehamilan, terutama seiring berjalannya waktu. Karena menurut sebuah tinjauan studi medis tahun 2019 menunjukkan bahwa, tidur telentang dapat membawa risiko lahir mati setelah 28 minggu. Untuk itu Dokter menyarakan agar Anda tidur miring ke kanan atau ke kiri.

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Mulai sekarang, cobalah memperhatikan posisi tidur yang nyaman dan aman untuk calon Anak Anda. 

Jika Anda memposisikan tubuh saat tidur ke sisi kiri, hal ini dapat memungkinkan aliran darah yang optimal dari vena cava inferior (IVC). 

Mengutip dari berbagai sumber, pengertian dari vena kava inferior (IVC) ialah mengembalikan darah dari daerah tubuh bagian bawah ke jantung. 

Hal inilah berpengaruh pada pembuluh darah besar yang sejajar dengan tulang belakang Anda di sisi kanan kemudian membawa darah ke jantung, lalu disalurkan ke bayi Anda.

Tidak hanya itu, tidur miring ke kiri juga mengurangi tekanan pada hati dan ginjal Anda. Berarti lebih banyak ruang untuk berfungsi dengan baik, yang dapat membantu mengatasi masalah pembengkakan di tangan, pergelangan kaki, dan kaki Anda.

Dari sinilah terbukti kalau tidur ke sisi kiri merupakan posisi tidur yang ideal untuk ibu hamil.

Setelah mengetahui posisi tidur ke sisi kiri untuk ibu hamil adalah yang ideal, haruskah Anda menghindari sisi kanan? Belum tentu.

Menurut ulasan tahun 2019 menunjukkan, keamanan yang sama dengan tidur ke sisi kiri dan kanan. Ada sedikit risiko masalah kompresi pada vena cava inferior (IVC) saat Anda tidur ke sebelah kanan. Tetapi yang terpenting adalah di saat Anda merasa nyaman.

Untuk memastikan kembali, mengenai posisi tidur terbaik selama kehamilan, silakan konsultasikan ke dokter ya, Scarf Lover!

(TS)