Memperingati Hari Bumi Nasional, Apa yang Harus Kita Lakukan?

19

Dalam rangka memperingati hari Bumi Nasional, yang jatuh pada tangal 22 April 2021. Masyarakat dihimbau untuk lebih bijak dalam menjaga lingkungan. Tentu banyak cara sederhana yang secara tidak sadar kita telah merusak lingkungan. Seperti penggunaan kertas dan listrik yang berlebihan, menebang pohon secara liar, dan penggunaan plastik sekali pakai.

Lalu, apa saja cara sederhana yang bisa kita lakukan demi menjaga bumi ini? 

Pertama, melakukan reboisasi atau melakukan penanaman kembali hutan yang sudah ditebang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara. Dengan banyaknya pepohonan, membuat suasana sejuk dan mencegah pemanasan global.

Foto oleh Akil Mazumder dari Pexels

Kedua,tidak menggunakan bahan plastik sekali pakai.  Salah satu cara sederhana yang sering kita lewatkan ialah, tidak membawa tas belanja, tidak membawa botol minum dan menggunakan sedotan yang sekali pakai. Padahal, kita bisa saja merubah kebiasaan tersebut secara perlahan dengan membiasakan diri membawa tas belanja yang bisa digunakan berkali-kali, mengurangi penggunaan sedotan apabila kurang diperlukan dan membawa botol minum yang dapat di isi ulang.

Ketiga, bijak dalam penggunaan listrik. Terdengar sulit memang untuk memulai dalam menghemat listrik. Apalagi, selama pandemi ini kita diwajibkan mengerjakan semuanya dari rumah. Mulai listrik, AC, kipas, televisi hidup 24/7. Padahal, Anda bisa meminimalizir penggunaannya dengan mencabut colokan yang masih terhubung dengan listrik, mematikan listrik apabila hari semakin siang dan mengganti bohlam yang lebih efisien. Apabila Anda melakukan cara sederhana ini, tentu tidak hanya menjaga bumi tapi juga mengurangi pengeluaran pembiayaan listrik Anda.

Foto oleh mali maeder dari Pexels

Keempat, mendaur ulang sampah yang bisa didaur ulang. Scarf Lover tahu tidak, bahwa kementrian lingkungan hidup dan kehutanan republik Indonesia mencatat bahwa dalam sehari Indonesia bisa mencapai 175.000 ton lebih sampah. Tidak heran pada tahun lalu, Indonesia penghasil limbah plastik ke-2 di Dunia. Untuk itu, Anda bisa mencegah sampah-sampah ini dengan mendaur ulang menjadi sebuah pupuk tanaman atau mengisi ulang sebuah produk.

Bagaimana Scarf Lover, cara diatas sangat sederhana ya. Jadi, mulai sekarang kita terapkan perlahan yuk! Untuk menjaga bumi dan generasi Kita selanjutnya. 

(TS)