Makanan Hidangan Buka Puasa Khas Turki

22

Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh mayoritas muslim di Indonesia maupun diDunia. Sama halnya di Negara Turki yang mayoritas penduduknya ialah masyarakat muslim. 

Dari setiap penduduk yang tinggal disuatu tempat tentu memiliki ciri khas yang berbeda. Bila di Indonesia biasanya hidangan berbuka puasa dengan kolak pisang atau kurma. Namun hidangan berbuka puasa di Turki apa saja ya, Scarf Lover? 

1. Ramazan Pidesi

Image: Instagram @ vibakarochlagar

Ramazan pidesi adalah roti khas tradisional dari Negara Turki. Yang terbuat dari campuran tepung gandum dan ragi. Menu ini biasanya dikonsumsi di Negara Turki untuk berbuka puasa maupun ketika sahur menjelang menjalankan ibadah puasa. Bentuknya bulat dan sedikit pipih dengan tekstur yang bergelombang. Untuk menambah rasa dan kenikmatannya saat disajikan, akan ditambahkan biji wijen hitam.

2. Baklava

Image: Intagram @ karyafirin

Makanan khas Turki berikutnya yaitu, Baklava yang terbuat dari susunan roti yang tipis yang diisi dengan kacang yang kemudian dihidangkan dengan sirup atau madu manis diatasnya. Oleh karena itu, menu ini memiliki rasa yang manis dan cocok untuk menjadi makanan hidangan berbuka puasa karena memiliki kandungan gula yang terkandung didalamnya untuk mengisi energi tubuh setelah menjalankan puasa seharian. Tekstur bahlava sebenarnya kering namun setelah di siram sirup gula menjadi lembut dan tidak menghilangkan kerenyahannya. Bahlava biasanya lebih sering untuk hidangan penutup pada acara-acara tertentu di Turki tapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan hidangan berbuka puasa.

3. Shawarma

Image: Instagram @ jon_the_food_don

Shawarma merupakan salah satu makanan khas ramadan di Turki. Bila dilihat dari bentuknya, shawarma ini sama seperti kebab di Indonesia. Hanya saja isinya berbeda. Bila di Indonesia, kebab isinya daging sapi. Sedangkan di Turki kebab isinya daging kambing dan olive oil. 

4. Hummus

Image: Instagram @ lefamishedcat

Bila di Negara Turki hummus merupakan kacang arab yang diolah dengan jus lemon, olive oil, lada dan garam. Kalau dilihat adri bentuknya, sekilas seperti cream. Namun kalo di Turki ini sejenis salad

5. Gullac

Image: Intagram @yarenintariflerii

Gullac sejenis dessert dari Turki yang nikmat untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. 

6. Sup mercimec

Sup mercimec adalah sup dari kacang lendil yang menyegarkan. Sup ini sangat cocok untuk dimakan saat masih hangat.

(TS)