Kulit Sensitif, Ini Cara yang Benar untuk Menggunakan Retinol

11

Selain sunscreen, produk skincare yang mengandung retinol juga ampuh untuk mengatasi tanda-tanda panuaan. Karena bila kulit tidak dirawat dengan benar, maka kerutan serta garis halus akan lebih mudah untuk muncul.

Perlu diketahui bahwa penggunaan retinol tidak boleh sembarang karena akan menimbulkan iritasi, terutama pada jenis kulit sensitif.

Nah, untuk Scarf Lover pemilik kulit sensitif, berikut terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan menggunakan retinol seperti yang dikutip dari Allure.

Selalu membersihkan wajah dengan lembut

Wajib untuk selalu membersihkan wajah dengan lembut, meski tidak sedang menggunakan retinol. Karena dengan formula face wash yang lembut tidak akan membuat minyak alami pada kulit hilang serta tidak akan terdapat sensasi ‘ketarik’ setelah membersihkan wajah.

Photo by Mathilde Langevin on Unsplash

Gunakan produk retinol dengan presentase yang terendah

Bagi pemula yang belum pernah menggunakan retinol, pilih produk dengan jenis atau presentasi yang terendah. Biarkan kulit beradaptasi, dan kemudian Anda bisa meningkatkan presentasinya ke produk yang lebih tinggi. Karena semakin tinggi kandungan atau jenis retinol yang digunakan, maka akan semakin tinggi juga risiko iritasinya.

Jangan lupa layer dengan pelembab

Meski produk retinol yang digunakan dikenal sebagai produk yang gentle atau lembut, tetap wajib untuk Anda menggunakan pelembab setelahnya. Hal tersebut untuk mengurangi rasa kering setelah penggunaan sehingga meminimalisir terjadinya iritasi.

Hindari menggunakan retinol berlebihan

Perlu diingat bahwa hanya boleh menggunakan retinol pada malam hari, mengingat retinol sangat sensitif pada matahari. Terdapat beberapa produk retinol yang bisa digunakan setiap hari, ada pula yang harus digunakan bergantian. Jangan paksa kulit untuk menerima retinol setiap malam jika dirasa memberikan hasil yang buruk. Sebaliknya, gunakan sesuai kebutuhan, dan jangan berlebihan.

Jangan gunakan retinol bersamaan dengan produk eksfolasi lainnya

Kandungan retinol yang cukup keras sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan kandungan eksfoliasi lainnya, seperti AHA atau BHA. Karena hal tersebut akan membuat kulit menjadi over eksfoliasi. Kulit sensitif tentu harus dirawat dengan benar bila tidak ingin menimbulkan hasil yang tidak diinginkan.

(AA)