Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Exfoliating Toner

108

Kulit wajah harus selalu dirawat dengan penggunaan skincare yang tepat. Masalah kulit yang paling cepat muncul adalah kulit kusam.

Masalah yang satu ini dikatakan cepat muncul dikarenakan menumpuknya sel kulit mati pada wajah. Menumpuknya sel kulit mati tidak hanya membuat wajah terlihat kusam, tapi juga membuat penyerapan skincare tidak maksimal dan juga makeup tidak bisa menempel dengan baik.

Untuk itu, sangat penting untuk rutin menggunakan produk eksfoliasi.

image: kylieskin.com

Produk skincare eksfoliasi pun beragam, dari mulai serum, scrub hingga toner. Banyak orang memilih exfoliating toner karena penggunaannya yang mudah.

Saat ini, sudah banyak sekali produk exfoliating toner di pasaran, brand lokal pun juga tak mau ketinggalan mengeluarkan produk-produk yang kualitasnya tak main-main. Alhasil, Scarf Lover tinggal memilih produk exfoliating toner mana yang paling tepat untuk digunakan.

Saat sudah memulai menggunakan produk exfoliating toner, ternyata masih banyak yang melakukan kesalahan sehingga membuat manfaatnya jadi tidak terasa atau justru malah menambah masalah baru.

Kira-kira apa saja ya kesalahannya? Mari simak ulasan berikut ini.

Tidak memahami kulit sendiri

Hal penting dalam penggunaan skincare yang pertama adalah mengerti kondisi kulit sendiri. Jangan selalu menelan mentah-mentah keterangan penggunaan pada produk. Bila produk exfoliating toner tersebut dikatakan aman untuk digunakan setiap hari, belum tentu kulit Anda bisa menerimanya.

Pastikan Anda melakukan tes terlebih dahulu pada kulit. Jika memang memberikan hasil buruk saat digunakan setiap hari, jangan dipaksakan dan ubah rutinitasnya menjadi seminggu tiga kali atau bahkan seminggu sekali.

Tidak langsung menggunakan hydrating toner

Se-gentle apapun produk exfoliating toner pasti akan memberi kesan kering pada kulit walaupun sedikit. Untuk itu, wajib untuk langsung melayernya dengan menggunakan hydrating toner. Kulit yang dibiarkan kering akan membuat penyerapan skincare jadi lebih lama dan bila dibiarkan akan membuat kulit jadi iritasi.

Mencampur dengan bahan aktif lain

Hindari menggabungkan lebih dari 1 bahan aktif pada waktu penggunaan yang bersamaan. Cara ini tidak akan membuat kulit auto glowing, melainkan akan membuatnya over eksfoliasi. Lebih baik gunakan secara bergantian dan diberi jeda selama beberapa hari ya, Scarf Lover.

Tidak sabar

Tidak ada produk skincare yang memberikan hasil instan. Bila Anda pertama kali menggunakan exfoliating toner, jangan langsung pilih presentasi yang tinggi karena akan membuat kulit tidak siap dan memberikan efek yang tidak diinginkan. Mulailah dari presentase terendah, dan pakai secara perlahan. Harap bersabar, karena hasil dari penggunaan skincare akan terlihat bila Anda konsisten dalam pemakaiannya.