Jangan Panik! Ini Hal yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Kebakaran

1

Kebakaran merupakan sebuah bencana yang bisa terjadi kapan pun dan dimana saja. Biasanya kebakaran sering terjadi akibat korsleting listrik atau kebocoran tabung gas. Jika terjadi kebakaran, usahakan untuk tidak panik agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Scraflover.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menanggulangi kebakaran dan menyelamatkan diri sendiri serta orang lain. Berikut beberapa langkah yang wajib Anda ketahui saat terjadi kebakaran.

  • Bergerak dengan posisi badan tetap rendah

Saat terjadi kebakaran, asap dan udara jadi beracun. Menghirup asap yang beracun bisa membuat seseorang tidak sadarkan diri. Oleh sebab itu, bergerak dengan posisi badan tetap rendah dapat menghindari hal tersebut. Jika membawa sapu tangan, basahi sapu tangan tersebut dengan air lalu tutupi hidung dengan sapu tangan.

  • Evakuasi secepat mungkin

Ketika menyadari ada kobaran api di dalam rumah atau gedung, sebaiknya Anda bergerak cepat menuju pintu keluar. Prioritaskan keselamatan diri sendiri, bukan barang berharga yang dimiliki. Jika sedang berada di lantai atas, jangan menggunakan lift, cari petunjuk emergency exit, ikuti arahnya dan gunakan tangga.

Image: pixabay
  • Jangan kembali ke dalam

Setelah berhasil keluar, jangan memaksakan diri untuk kembali ke dalam hanya untuk menyelamatkan barang berharga atau orang lain karena keselamata nyawa menjadi taruhannya. Sebaiknya, hungungi petugas pemadam kebalkaran dan tunggu sampai mereka tiba.

  • Hubungi pemadam kebakaran

Layanan untuk menghubungi petugas pemadam kebakaran ada pada nomor 113. Jangan khawatir untuk membayar mahal karena semua panggilan ke pemadam kebakaran sama sekali tidak dipungut biaya. Semakin cepat mereka sampai di lokasi kebakaran, maka semakin besar peluang api cepat dipadamkan.

  • Berguling jika pakaian terkena api

Jika pakaian yang dikenakan terbakar api, jangan panik! Segera lepaskan pakaian itu namun jika tidak memungkinkan, padamkan api dengan cara berguling di lantai dengan tangan menutup muka untuk mencegah wajah ikut terbakar. Jika memungkinkan, bungkus diri Anda dengan bahan tekstil yang sulit terbakar (misal, karpet, selimut, atau jubah).

Nah, itulah beberapa langkah yang wajb Anda ketahui saat terjadi kebakaran. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Scraflover!

(PR)