Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Sahur bagi Tubuh

Ibadah puasa 1 Ramadan jatuh pada hari ini, seluruh umat Islam telah mulai menjalankan puasa. Dimana tadi malam, sudah mulai melakukan sahur pertama.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa puasa menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan, selain bisa melatih diri untuk bisa menahan rasa haus, lapas serta hawa nafsu. Nah, bicara soal menahan lapar dan haus, maka dari itu sangat penting untuk melakukan sahur.

Sebenarnya, sahur sendiri hukumnya adalah sunnah, dengan demikian, tak masalah bila ternyata tidak menjalankan sahur. Namun bagi yang menjalankan, pasti ada manfaat tersendiri yang bisa didapatkan.

Seperti halnya sabda Rasulullah SAW.

“Sahurlah kalian semua. Sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan” (HR Bukhari: 1923).

Photo by Meruyert Gonullu from Pexels

Maka dari itu, akan lebih baik untuk Scarf Lover bisa rutin menjalankan sahur. Karena ada banyak sekali manfaat yang didapatkan, diantaranya adalah.

Baca juga  Tips Cara Mengeringkan Rambut Dengan Hairdryer Sebelum Menggunakan Hijab

Memberikan energi lebih

Manfaat pertama dari sahur yang bisa dirasakan adalah dapat memberikan energi lebih selama seharian bekerja sehingga Anda menjadi jauh lebih semangat. Dengan mengonsumsi makanan sahur yang baik, bisa membuat Anda jadi bertenaga dan tidak mudah lemas.

Membantu lebih fokus saat beraktivitas

Sama halnya dengan sarapan, sahur akan membantu Anda untuk meningkatkan fokus saat beraktivitas seharian. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi yang tinggi serat, vitamin dan juga mineral ya, Scarf Lover.

Image: Freepik

Mencegah dehidrasi

Saat sahur, manfaatkan waktu untuk mengisi cairan tubuh dengan rutin minum air mineral. Agar tubuh bisa lebih menjaga hidrasi selama berpuasa. Tentu berbeda halnya dengan melewatkan sahur, cairan tubuh menjadi kurang terpenuhi dengan sempurna.

Baca juga  Sering Lupa! Merawat Gigi Sama Pentingnya dengan Menggunakan Skincare

Cocok untuk program diet

Manfaat yang satu ini dapat dirasakan untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Dimana makan saat sahur bisa membantu menjaga tubuh dari rasa lapar dan juga haus, sehingga pola makan menjadi lebih terkontrol.

Menghindari diri dari terjadinya sindrom metabolik

Sindrom metabolik bisa terjadi karena diakibatkan tingginya kolesterol, tekanan gula darah hingga penumpukaan lemak. Hal itu yang membuat sahur menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan. Karena sindrom metabolik sendiri akan bisa mengakibatkan penyakit diabetes, jantung dan stroke.

(AA)

Translate »