Intip Tips Sahur Agar Tak Lemas Seharian

Berpuasa artinya menahan lapar dan dahaga selama hampir 12 jam. Tak jarang kerap kali Anda mendapati tubuh sudah terasa lemas, khususnya pada saat siang menuju sore hari.

Rasa lemas yang muncul akhirnya membuat pekerjaan yang sedang dilakukan menjadi tidak fokus. Wah, tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Kira-kira bagaimana cara mengatasinya?

Meskipun dikatakan hukumnya sunnah, sebaiknya jagan menganggap remeh kegiatan sahur karena dengan sahur, Anda bisa merasakan manfaat yang luar biasa. Sama seperti sarapan di pagi hari yang berfungsi untuk memberikan energi dan tenaga pada tubuh untuk beraktivitas seharian.

Akan tetapi, saat sahur pun penting juga untuk memperhatikan apa yang dikonsumsi. Untuk itu, Anda wajib mengetahui porsi makanan yang disantap. Apakah sudah bisa penuhi kebutuhan nutrisi harian?

Baca juga  Risty Tagor Memilih Bisnis Fashion Untuk Syiar

Tips yang perlu diketahui adalah melihat porsi makanan, agar tidak terlalu banyak ataupun sedikit. Ambil makanan secukupnya. Tak jarang karena makan banyak saat sahur membuat tubuh menjadi lemas dan mengantuk di siang hari.

Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan juga serat. Kurangi makanan yang mengandung gas, berlemak ataupun pedas. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti gandum atau kacang-kacangan. Namun tidak hanya itu saja, sayur dan buah juga tidak boleh ketinggalan ya, Scarf Lover.

Baca juga  5 Obat Radang Tenggorokan dari Bahan Alami
Photo by Meruyert Gonullu from Pexels

Makan kurma juga disarankan saat sahur. Mengingat kurma mengandung glukosa dan fruktosa bisa membantu untuk menaikkan kadar gula darah dalam darah agar tetap stabil.

Sempurnakan dengan minum air putih dengan mengikuti pola 2-4-2 selama puasa, yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sebelum tidur dan 2 gelas saat sahur. Terjaganya hidrasi pada tubuh akan membuatnya semakin bersemangat dan tidak mudah lemas.

Satu hal penting yang perlu diketahui saat berpuasa adalah menjaga produktivitas. Karena saat Anda bermalas-malasan, tubuh pun akhirnya mengikuti jadi kurang bersemangat, hawa lapar dan haus pun bisa semakin muncul.

(AA)

Translate »