Cara Mudah Masak Nasi di Oven yang Menghasilkan Rasa Lebih Renyah

5

Scarf Lover tentu sudah ahli dong dalam memasak nasi. Baik itu dalam panci di atas kompor atau dalam microwave. Namun, apakah Anda tahu bahwa oven yang dimiliki dirumah dapat menghasilkan nasi dengan rasa yang lebih renyah?

Mengutip dari laman first for women, ternyata oven yang kita miliki dapat mendistribusikan panas lebih merata dibandingkan dengan kompor. Selain itu, manfaat masak nasi di oven juga membuat nasi lebih mudah dikukus dan lebih empuk. 

Jika Scarf Lover tertarik untuk mencoba, berikut cara yang cukup mudah 

  1. Siapkan beras putih atau coklat untuk dimasak. 
  2. Pastikan beras sudah Anda bilas dengan air untuk menghilangkan kotoran dan debu yang mungkin ada biji-bijian. Cara mencucinya mudah, Anda hanya perlu mengisi mangkuk dengan air, menuangkan beras, mengaduknya, dan saring. Ulangi proses pembilasan ini sekitar lima kali, atau hingga air menjadi jernih.
  3. Setelah beras yang dicuci sudah bersih airnya, tuangkan ke dalam loyang persegi panjang, Kemudian tambahkan air dan tutup rapat dengan aluminium foil. Terakhir, panggang pada suhu 350 derajat selama sekitar satu jam.

Meskipun rasa yang dimiliki sudah cukup enak seperti nasi pada umumnya, Anda dapat menambahkan sedikit rasa untuk beras Anda agar lebih pekat. Dengan menambahkan cairan kaldu bukan air biasa.

Tidak hanya cairan kaldu, Anda juga dapat menambahkan timi segar, rosemary atau kunyit karena terbukti memiliki manfaat nutrisi yang baik untuk meningkatkan kejernihan dan kewaspadaan mental Anda.

Caranya, taburkan bumbu atau cairan kaldu berikut ke dalam loyang sebelum beras dimasukkan ke dalam oven yang ditutup aluminium foil. Biarkan aroma herba meresap ke dalam nasi saat dimasak.

Jika beras sudah menjadi nasi, Anda dapat menambahkan sesendok mentega agar memberi rasa dan tekstur lembut pada nasi saat dikonsumsi dengan lauk apapun.

Bagaimana Scarf Lover mudah bukan? Selamat mencoba teknik baru memasak nasi menggunakan oven dirumah.

(TS)