Bolehkah Bayi Menggunakan Handsanitizer ?

21

Scarf Lover yang baru saja melahirkan dimasa pandemi tentunya menjadi ekstra waspada pada pada keselamatan buah hati Anda.

Tidak heran jika orangtua selalu membawa dan menggunakan hand sanitizer saat bepergian. Namun, bagaimana dengan bayi, Apakah aman penggunaan hand sanitizer pada buah hati Anda?

Memang benar apabila bayi belum banyak menyentuh barang disekitarnya. Namun, tidak menutup kemungkinan pasti ada saja sesuatu yang dipegang sehingga ada virus tidak terlihat oleh mata.

Dari pengguanaan hand sanitizer pada anak itulah yang pasti membuat para Scarf Lover khawatir. Karena banyak mitos beredar dampak dari menjilat hand sanitizer dapat menyebabkan mabuk akibat dari kandungan alkoholnya.

image: pixabay

Sedangkan menurut Dokter Spesialis Anak dr. Ade Indriasari, Sp.A., M.Kes bahwa sebenarnya bayi boleh saja diberikan hand sanitizer, tapii harus tetap dalam mengawasan.

Mengutip dari channel youtube kumparan.com, berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan hand sanitizer pada Anak:

  1. Jangan sampai handsanitizer terjilat bayi

Salah satu yang perlu diperhatikan apabila Anda menggunakan hand sanitizer pada tangan buah hati, jangan sampai tangan yang diberi hand sanitizer tersebut  terjilat. Karena hand sanitizer mengantung alkohol antara 45 hingga 95 persen. Jumlah itu setara dengan alkohol yang ada di bir, anggur dan minuman keras lainnya.

Meskipun, Menurut National Capital Poison Control Center (NCPCC) menjelaskan bahwa, jilatan dari hand sanitizer tidak akan melukai Anak atau membuatnya mabuk, namun harus tetap diusahakan untuk tidak terjilat. Perlu diingat, beda ceritanya apabila Anak meminum hand sanitizer.

  1. Pilihlah hand sanitizer tanpa aroma 

Salah satu yang paling penting dalam pemilihan hand sanitizer, jangan menggunakan yang ada aromanya. Sebaiknya pilihlah hand sanitizer yang tidak mengandung aroma. Karenam aroma yang menarik dapat memancing bayi untuk menjilat tangannya.

  1. Berkonsultasi dahulu dengan dokter

Hand sanitizer mengandung bahan kimia yang dapat memicu asma atau alergi pada kulit bayi. Makadari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada buah hati Anda, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Bagaimana Scarf Lover, apakah Anda masih memiliki keraguan untuk mengaplikasikan hand sanitizer pada bayi Anda? Jika iya, ikutilah langkah-langkah diatas untuk mengurangi keraguan.

Perlu diingat, apabila terdapat air mengalir dan sabun sebaiknya cuci tangannya dengan itu saja agar lebih bersih dan aman dari bahaya virus dan kuman. 

(TS)