Alasan Mengapa Olahraga Penting Bagi Anak-anak

Tidak diragukan lagi berolahraga memiliki banyak manfaat, baik itu bersifat fisik maupun nonfisik, apalagi untuk anak-anak. Bagi anak-anak berolahraga dapat membantu menciptakan kebiasaan dan manfaat kesehatan yang bertahan lama hingga dewasa. Dan berikut ini adalah alasan mengapa olahraga penting bagi anak-anak.

1. Manfaat fisik olahraga

Tetap aktif melalui aktivitas fisik dan olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat ini termasuk peningkatan kebugaran kardiovaskular, kesehatan tulang, peningkatan kualitas tidur, serta koordinasi dan keseimbangan yang lebih baik. Bagi anak-anak, mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk aktivitas yang tidak banyak bergerak seperti menonton TV atau bermain game juga disarankan agar mereka tetap terjaga kondisi tubuhnya. 

Baca juga  Apa Itu Baby Blues? Yuk Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya
Image: unsplash

2. Mempelajari keterampilan hidup yang penting

Terlibat dalam kegiatan olahraga penting lebih dari sekadar kebugaran fisik. Bermain dalam olahraga sering kali menjadi bagian dari tim dan ini memungkinkan untuk membangun keterampilan di berbagai bidang. Selain mempelajari semua teknik yang ada dalam olahraga, anak-anak juga dapat mengembangkan kecakapan mereka dalam berkomunikasi dengan tim. Hal ini dapat mendorong kerja sama dan berbagi, penetapan tujuan, dan membangun hubungan. Belajar kalah juga merupakan keterampilan penting yang sering ditemukan melalui olahraga.

3. Menjadi role model

Orang tua dapat mendorong anak-anak mereka untuk berolahraga dengan berbagai cara, termasuk melalui role model. Bukan hanya orang tua yang menjadi panutan bagi anak-anak. Anak-anak sering kali mencari guru, pelatih olahraga, dan karyawan penitipan sebelum dan sesudah sekolah untuk mendapatkan inspirasi dan dorongan dalam hal olahraga. Anak-anak yang aktif cenderung menjadi orang dewasa yang aktif, jadi doronglah anak-anak Anda untuk terlibat dalam aktivitas fisik dan olahraga sejak usia muda dan pastikan Anda menjadi panutan dalam hal olahraga.

Baca juga  Tips Atasi Anak Rewel Saat Tumbuh Gigi
Image: unsplash

4. Temukan tim Anda

Anak-anak dapat menemukan tim olahraga mereka melalui sekolah mereka, pusat olahraga, program liburan, atau layanan penitipan sebelum dan sesudah sekolah. Mencoba berbagai jenis olahraga dapat membantu anak Anda menemukan olahraga yang cocok untuk mereka. Pastikan anak Anda memiliki banyak kesempatan untuk mencoba aktivitas sebelum memutuskannya.

(AR)

Translate »