5 Manfaat Brokoli Untuh Kesehatan Bayi, Ibu Mesti Tahu!

13

Brokoli merupakan salah satu sayuran paling baik yang bisa anda pilih sebagai menu MPASI si kecil. Sayuran berwarna hijau ini menyimpan beragam nutrisi yang diperlukan oleh bayi. Apa sajakah itu? Berikut kami merangkumnya untuk anda. 

  • Memelihara kesehatan mata

Brokoli mengandung vitamin A yang cukup banyak. Dikombinasikan dengan beta-karoten, vitamin A bekerja secara langsung untuk membuat penglihatan bayi menjadi lebih baik dan tajam. Selain itu, dilengkapi dengan vitamin dan mineral B kompleks seperti fosfor, yang berperan dalam memelihara kesehatan penglihatan si kecil.

  • Meningkatkan imun

Kandungan vitamin C dalam brokoli mampu menguatkan system imun bayi. Dalam 25 gram brokoli setidaknya terdapat kandungan vitamin yang dapat memenuhi sekitar 35% kebutuhan vitamin harian. Vitamin C dapat membangun ketahanan tubuh untuk melawan virus, bakteri, dan parasite yang dapat menimbulkan berbagai serangan penyakit.

image: unsplash
  • Melancarkan pencernaan

Masalah sembelit seringkali dialami bayi yang telah mulai mendapatkan MPASI. Brokoli kaya akan serat yang berfungsi untuk membantu mengatasi sembelit. Serat dapat menyerap kelembapan ekstra dan membuang kotoran, merangsang proses pencernaan, dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

  • Menecegah anemia

Brokoli mengandung zat besi, meningkatkan jumlah zat besi yang ada dalam tubuh membantu meningkatkan perkembangan hemoglobin. Fungsi hemoglobin adalah mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh melalui pembuluh darah. Perkembangan hemoglobin sepenuhnya bergantung pada keberadaan zat besi dalam tubuh.  bila sesorang kekuranagn hemoglobin maka itulah yang sering orang sebut anemia. 

  • Mencegah kerusakan sel

Senyawa bioaktif seperti sulforaphane, indole-3-carbinol, dan kaempferol terdapat dalam brokoli. Senyawa-senyawa ini merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat kelebihan radikal bebas. Sehingga brokoli ini dapat melindungi anak dari berbagai ancaman penyakit. 

Banyaka sekali kan manfaat baik dari brokoli yang sayang sekali bila dilewatkan. Anda bisa menambahkan brokoli ke asupan sayuran harian si kecil, Scarf Lover! 

(JH)