5 Manfaat Baik Alpukat yang Mesti Ibu Hamil Tau!

7

Alpukat menyimpan segudang nutrisi yang baik untu ibu hamil. Buah ini juga memang disarankan untuk dikonsumsi. Selain itu, alpukat juga mudah diolah ke menu makanan anda. Berikut ini kami paparkan 5 manfaat alpukat yang mesti ibu hamil tau!

  • Kaya nutrisi dan membantu menyerap nutrisi dari makanan lain

Ternyata alpukat mengandung kalium dua kali lebih banyak dari pisang. Si buah hijau ini, membantu mencukupi asupan harian vitamin K, folat, vitamin C, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin E. Alpukat juga mengandung zat besi, seng, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3 walapun dalam jumlah yang kecil. Anda juga akan mendapatkan 2 gram protein dan 7 gram serat hanya dalam satu porsi buah alpukat. 

Selain itu, alpukat juga membantu tubuh Anda untuk lebih menyerap nutrisi yang ditemukan dalam makanan lainnya, seperti antioksidan dan karotenoid yang ditemukan dalam wortel, ubi jalar, dan sayuran berwarna hijau.

  • Mengurangi risiko kelebihan berat badan

Alpukat memiliki kandungan serat dan lemak sehat yang tinggi. Alpukat dapat membantu mengurangi kemungkinan kenaikan berat badan yang berlebihan saat hamil karena telah terbukti dapat meningkatkan perasaan kenyang. Memilih makanan yang mengenyangkan dan padat nutrisi seperti alpukat selama kehamilan dapat membantu Anda tetap berenergi dan juga tetap dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.  Berat badan yang sehat penting untuk kesehatan anda juga si bayi.

image: unsplash
  • Menjaga tekanan darah

Alpukat merupakan sumber magnesium dan potasium, keduanya adalah nutrisi yang sangat penting untuk pengaturan tekanan darah yang sehat. Selama masa kehamilan, mengkonsumsi banyak makanan yang kaya kalium seperti alpukat dapat membantu mengurangi risiko terkena hipertensi gestasional.

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2013 pada 263 wanita hamil mengungkapkan bahwa mereka yang mengonsumsi 250 hingga 300 miligram kalium per hari memiliki risiko penurunan tekanan darah tinggi secara signifikan selama kehamilan. Nah, dalam satu setengah buah alpukat terdapat 485 mg kalium. Magnesium yang terdapat dalam alpukat juga penting untuk pengaturan tekanan darah.

  • Menjaga gula darah dan lemak darah

Mengkonsumsi alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah pasca makan pada orang dengan kadar gula darah tinggi. menjadikannya pilihan tepat untuk ibu hamil dengan gula darah tinggi atau diabetes. Alpukat juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) untuk pelindung jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan selama masa kehamilan.

  • Mengurangi sembelit 

Alpukat dapat Membantu Sembelit Selama beberapa bulan terakhir kehamilan.  ketidakteraturan dan sembelit bisa menjadi masalah nyata yang sering dialami ibu hamil. Untuk mencegahnya atau mengurangi keparahannya yaitu dengan konsumsi serat dan magnesium yang bisa ditemukan dalam alpukat. 

Banyak sekali kan manfaat baik dari alpukat ini. Anda bisa segera memasukannya ke dalam menu makanan, Scarf lover! 

(JH)