4 Tips Merawat Kulit Berminyak di Cuaca Panas

13

Pemilik kulit berminyak pasti merasa kulitnya makin berminyak saat cuaca sedang panas. Namun benarkah demikian? Kulit terdiri dari pori-pori kecil, di bawahnya terdapat kelenjar sebaceous. Kelenjar inilah yang menghasilkan minyak yang kemudian disebut sebum.

Nah, sebum ini berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam cuaca panas dan lembab, kelenjar sebaceous cenderung memproduksi sebum secara berlebihan. Sehingga benar bahwa kulit anda makin berminyak dan membuat makeup atau sunscreen anda luntur. Parahnya lagi dapat menimbulkan jerawat.

Tak perlu risau lagi, kini Scarf Media membagikan 4 tips merawat kulit berminyak saat cuaca panas. Yuk simak!

Pilih pelembab yang ringan

semua jenis kulit tetap butuh pelembab tak terkecuali kulit berminyak. Pelembab mampu menghidrasi kulit Anda, sehingga mencegah produksi sebum berlebih yang juga dapat membantu mencegah munculnya jerawat. Pelembab bertekstur gel yang ringan sangat direkomendasikan untuk mencegah wajah Anda menjadi terlalu berminyak di tengah hari yang panas.

Selalu sedia blotting paper

Jika anda sudah merasa tak nyaman dengan kondisi minyak berlebih di wajah. Anda dapat tap tap lembut blotting paper sekali atau dua kali sehari pada bagian kulit yang benar-benar berminyak untuk mengangkat sebum berlebih. Menggunakannya terlalu sering dapat mengeluarkan minyak yang dibutuhkan oleh kulit Anda dan nantinya memicu aktivitas kelenjar sebaceous. 

sumber: productnation.co

Jangan terlalu sering mencuci wajah

Mencuci wajah terlalu sering dapat menghilangkan lapisan pelindung kulit Anda. Lapisan inilah yang menjaga kulit tetap terhidrasi. Bila mencuci wajah secara berlebihan dapat merusak lapisan ini, menghilangkan minyak alami dan kelembaban dari kulit Anda. Sehingga dapat memicu aktivitas kelenjar sebaceous, menyebabkan produksi sebum jadi berlebih.

Coba gunakan micellar water

Micellar water dapat memudahkan anda di cuaca yang panas. Usapkan micellar water untuk menghilangkan sebum berlebih dan kotoran menumpuk yang mengganggu kenyamanan kulit anda. Micellar water dapat dibawa-bawa tanpa perlu dibilas, benar-benar solusi tepat untuk si kulit berminyak.

Itu dia 4 tips merawat kulit berminyak di cuaca panas yang bisa anda terapkan. Sekarang anda bisa menangani minyak berlebih di wajah dan lebih enjoy menjalani hari walaupun cuaca panas melanda.

(JH)