4 Bahan Makanan yang Dilarang Masuk Kulkas

18

Tanpa disadari usai berbelanja bulanan kebutuhan rumah tangga atau belanja sayuran di pagi hari. Kita lupa dengan asal memasukkan bahan makanan yang ternyata di antara mereka ada yang phobia masuk ke kulkas. Niat awal untuk tetap menjaga keawetan bahan makanan, ternyata ada yang bisa berpengaruh pada kesehatan dan kualitas rasa, Scarf Lover. Kira-kira apa saja ya? Yuk! simak rangkuman berikut:

1. Kentang

Image: Pexels by Pixabay

Bahan makanan yang satu ini anti banget masuk ke kulkas. Sebab, suhu dingin membuat kentang menjadi cepat mengeras. Reader’s Digest turut mengungkapkan bahwa menyimpan kentang di kulkas bisa memicu risiko kanker. Dilanjutkan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pada laman www.klikdokter.com , juga mengatakan suhu dingin dari kulkas mengubah pati di dalam kentang menjadi gula. Setelah itu Anda mengambilnya dari kulkas dan memasak pada suhu di atas 121 derajat Celcius.  Gula dalam kentang bergabung dengan asam amino asparagin dan menghasilkan zat kimia bernama acrylamide. Studi pada tikus menemukan bahan kimia ini bisa meningkatkan risiko kanker. Untuk manusia memang belum ada bukti valid tentang paparan ini. Meskipun begitu jika terpapar karsinogen acrylamide terus menerus juga bisa terkena risiko kanker. Kemudian, ada pula penellitian lain menyatakan makanan yang terkontaminasi acrylamide bisa memicu penyakit ginjal, endomentrium, dan kanker ovarium. Jadi sebaiknya simpanlah dalam lemari bahan makanan yang bersih dan tidak lebih dari 3 minggu. 

2. Bawang bombay

Image: Pexels by Karolina Grabowska

Sebaiknya Anda menyimpan bawang bombay di tempat sejuk, kering, gelap dan terdapat ventilasi supaya tidak mudah membusuk. Sebab, jika bawang bombay masuk ke dalam kulkas akan mudah lembek akibat kedinginan. Kecuali, jika bawang bombay sudah dikupas maka segera letakkan dalam kulkas agar tidak terkontaminasi bakteri. Perlu diingat bawang bombay hanya bertahan 10-14 hari di kulkas ya Scarf Lover! Selanjutnya, jangan disatukan dengan kentang dan dibungkus dalam plastik. 

3. Tomat

Image: Pexels by Dmitry Demidov

Tomat mengandung nutrisi antioksidan, asam alpha-lipoic, kolin, asam folat, lycopene, betakaroten dan lutein. Jika menyimpan tomat di kulkas, unsur asam, gula dan volatile pembuat cita rasa pada tomat akan hambar. Jadi sebaiknya simpanlah dalam suhu ruangan saja dan menghindari perubahan tekstur menjadi lembek.

4. Daun bawang

Image: Pexels by Toa Heftiba Şinca

Meletakkan daun bawang di kulkas akan mempengaruhi makanan lainnya. Sebab, bau daun bawang lebih menyengat.

5. Bawang putih dan bawang merah

Image: www.eatsxm.com

Kedua bumbu masakan penting ini lebih baik di simpan dalam wadah kering dan banyak udara untuk menjaga ketahanannya. Karena menyimpan di kulkas akan menganggu penciuman hidung ketika membuka kulkas.

Scarf Lover, mulai sekarang berhati-hatilah untuk menyimpan bahan makanan ke dalam kulkas, ya!

(BR)