Yuk, Simak Metode Beberes Rumah ala KonMarie

KonMarie atau Marie Kondo merupakan seorang konsultan tata ruang, penyiar dan penulis “Tdying Up with Marie Kondo” yang sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa ke beberapa negara. 

Melalui buku ini KonMarie memperkenalkan seni metode merapikan rumah ala Jepang dengan cara yang sederhana. Selain itu, KonMarie juga dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

Scarflover sudah tahu belum apa saja metode beberes rumah yang dikenalkan oleh KonMarie? Kalau belum yuk simak metodenya berikut.

1. Berkomitmen

Image: pixabay

Komitmen sangat penting untuk tetap menjaga konsentrasi dan semangat saat sedang beberes rumah. Niat yang setengah-setengah bisa mengacaukan semuanya. Jadi sebaiknya pastikan Anda memiliki komitmen yang kuat untuk beberes rumah ya, Scarflover!

Baca juga  Berhasil Tingkatkan Akses Perempuan Miskin, Program MAMPU Akhiri 8 Tahun Perjalanan

2. Mentukan Tujuan 

Image: pixabay

Sebelum beberes rumah, sebaiknya Anda sudah memiliki tujuan tentang rumah seperti apa yang bisa membuat nyaman? Penataan model apa yang diinginkan. Sehingga tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat suasana nyaman dan lebih baik. Kemudian, ciptakanlah tujuan-tujuan tersebut dimulai dari beberes rumah. 

3. Memilah Barang

Image: unsplash

Sebaiknya Anda mulai memilah semua barang-barang yang ada di dalam rumah mana yang sudah tidak dibutuhkan dan mana yang masih layak untuk didimpan. Hal ini perlu dilakukan untuk penataan rumah agar terlihat rapi, bersih dah nyaman. 

4. Rapikan Barang Berdasarkan Jenis

Image: unsplash

KonMarie menyarankan agar merapikan barang berdasarkan dengan jenisnya. mulailah dengan jenis yang ingin Anda rapikan. Misalnya, pakaian, dokumen, alat-alat dapur, dan sebagainya. Hal itu dilakukan agar barang-barang tidak tersebar ke dalam ruangan lainnya. 

Baca juga  Ingin Menikmati Pedasnya Ayam Woku Khas Manado? Ini Resepnya!

5. Lakukan Secara Berurutan

Image: unsplash

Bereskan rumah secara berurutan, jika kegiatan yang dilakukan belum selesai jangan langsung mengerjakan kegiatan lainnya. Selesaikan terlebih dahulu sebelum berganti kegiatan. Hal ini sangat membantu keberhasilan kegiatan bersih-bersih yang dilakukan.

6. Bertanya kepada diri sendiri

Image: unsplash

Setelah selesai beberes rumah, tanyakan kepada diri sendiri apakah ini yang Anda inginkan? Apakah Anda sudah puas dengan hasilnya? atau apakah suasanyanya berubah menjadi rapi, bersih dan nyaman? Jika semuanya sesuai dengan tujuan Anda berarti metode KonMarie ini sudah berhasil diterapkan. 

Nah, Scarflover itulah metode beberes rumah ala KonMarie yang bisa anda terapkan. Se,=moga informasi ini bisa bermanfaat ya, Scarflover. Selamat mencoba!

(PR)

Translate »