Ternyata Tertawa Dapat Meningkatkan Kesehatan

Scarf Lover tahu tidak ternyata, tertawa yang refleks terjadi itu memiliki manfaat lho. Mengutip dari laman health magazine, bahwa  tertawa merupakan obat terbaik yang memiliki ilmu pengetahuan kuat di balik ekspresi tersebut. 

Saat kita tertawa, hormon endorfin  atau lebih dikenal sebagai hormon bahagia kita lepas ke aliran darah, kemudian mengangkat suasana hati atau perasaan yang biasa Anda alami setelah berolahraga.

image: pexels

Melakukan yoga tertawa biasanya melibatkan latihan pernapasan, peregangan, dan panduan rutin untuk membantu Anda tertawa. Seperti, pemandu yoga meminta Anda untuk tertawa, membuat sebuah komunitas yang membahas sesuatu hal lucu sehingga membuat Anda tertawa atau bahkan saat sedang jam istirahat melihat tindakan yang lucu dari teman sesama yoga.

Tidak hanya itu, mengutip dari laman healthy magazine ternyata melakukan tertawa juga memiliki berbagai manfaat lain. Sebagai berikut:

Baca juga  Fashion Komunikasi Sebagai Identitas Pada Mahasiswa Pendemo

1. Mengurangi sres

Dengan tertawa biasanya orang lupa dengan segala apapun yang ia miliki. Karena diketahui bahwa dengan melakukan tawa, dapat menghilangkan ketegangan yang sedang dialami sehingga melepaskan otot-otot pada tubuh.  Menurut Dr Lee Berk, profesor Pendidikan dan Promosi Kesehatan di Universitas Loma Linda, California, manfaat tertawa pada akhir 1970-an dapat mengurangi efek hormon stres kortisol. Sedangkan menurut hasil penelitian Berk, tertawa dapat meningkatkan kadar sel pembunuh alami yang sejenis dengan sel darah putih. Hal tersebut dibutuhkan untuk melawan virus dan sel tumor serta menjaga kesehatan tubuh. Mulai sejak itulah, peneliti menilai bahwa tertawa merupakan manfaat dari kesehatan.

image: pexels

2. Mengurangi kecemasan

Menurut penelitian pada laboratorium, para subjek secara keliru dituntun untuk percaya bahwa mereka akan menerima sengatan listrik setelah 12 menit. Sambil menunggu kejutan, mereka memainkan rekaman lucu, rekaman yang tidak lucu, atau tanpa rekaman sama sekali. Untuk mengukur penanda kecemasan diukur. Mereka yang mendengarkan rekaman lucu itu menilai diri mereka kurang cemas dibandingkan dua kelompok lainnya.

Baca juga  Mengenal Lebih Dekat Diet Neutropenik

3. Meningkatkan kesehatan umum

Ternyata tertawa tidak hanya untuk mengurangi stres dan kecemasan lho, Scarf Lover. Menurut penelitian pada tahun 2014, dampak dari tertawa mampu menunjukkan peningkatan kesehatan secara umum, penurunan gangguan tidur, kecemasan, dan depresi. Meski hasilnya menjanjikan, namun perlu diketahui bahwa penelitian ini hanya di uji coba pada pria.

Foto oleh Edu Carvalho dari Pexels

4. Mengelola menopause

Menurut Sebuah studi tahun 2012, bahwa tertawa dapat membantu meningkatkan optimisme dan harga diri serta mengurangi depresi pada wanita menopause. Hasil ini didapat dari serangkaian kuesioner yang dilakukan. 

(TS)

Translate »