Sering Ngiler Saat Tidur? Ternyata Pertanda Baik!

377

Ngiler acap kali dianggap sebagai sesuatu yang menjijikan. Bahkan kebanyakan orang malu dan kesal saat menemukan bantal mereka sudah penuh dengan iler di pagi hari. Dibalik itu semua ternyata ngiler merupakan pertanda baik, lho, untuk tubuh anda. Kenapa bisa? Berikut penjelasannya!

Ngiler menandakan bahwa kualitas tidur anda cukup baik. Hal itu berkaitan dengan beberapa fase tidur atau biasa disebut REM (rapid eye movement). REM terjadi pada 70-90 menit awal setelah anda tertidur dan akan terulang kembali 90 menit pada tiap tahapan berikutnya. Di waktu itulah, anda sedang tertidur melewati periode mimpi. Tidur dalam fase REM berguna untuk menjaga tubuh agar berfungsi lebih optimal. Itu terjadi karena otak berusaha menjaga agar anda tidak mudah terbangun oleh suara-suara sekitar yang dapat merusak tahapan tidur anda.

Perlu anda ketahui ngiler biasanya terjadi saat Anda sedang tertidur nyenyak dan pada saat tubuh rileks. Disaat itu seperti otak Anda lupa menginformasikan kepada tenggorokan dan mulut bahwa Anda perlu menelan liur karena anda terlalu lelap dalam tidur.

image: pixabay

Istirahat malam yang nyenyak mengartikan bahwa lebih sedikit stres, fokus lebih baik, dan sistem kekebalan anda bahkan berfungsi secara lebih baik. Dan air liur adalah tanda pasti bahwa Anda sedang tidur nyenyak.

Selain itu, menurut para ahli ngiler adalah garis pertahanan pertama melawan gigi berlubang. Jadi, jika Anda seseorang yang sering ngiler, Anda mungkin memiliki kebersihan gigi yang lebih baik daripada mereka yang tidak mengeluarkan air liur saat tidur.

Ternyata ngiler saat tidur patut disyukuri ya, Scarf Lover! (JH)