Rekomendasi Tempat Bersepeda di Candi Borobudur

Maret 2021 sudah terlihat beberapa tanggal merah yang bisa dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga atau pasangan namun tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Untuk memberikan rencana liburan tersebut, tiket.com memberikan beberapa rekomendasi tempat yang ada di kota Magelang dengan tema minat khusus, yakni wisata plesiran ke pedesaan alami.

Bicara soal Magelang tentu pikiran Anda akan langsung menuju pada Candi Borobudur. Namun nyatanya, liburan ke Candi Borobudur tidak hanya bisa sekedar melihat sekeliling Kawasan candi saja lho, Scarf Lover. Namun juga ke area lain yang tentunya cocok untuk bersepeda.

image: tiket.com

“Bersepeda adalah salah satu kegiatan komunitas yang terbentuk semasa pandemi berlangsung. Kami melihat pertumbuhan tren bagi berbagai komunitas pesepeda dari berbagai kota untuk menjelajahi medan-medan alami nusantara bersama-sama, karena aktivitas tersebut menyegarkan pikiran dan cahaya matahari bermanfaat bagi kebaikan tubuh. Kami tentunya terus berpesan untuk tetap disiplin 5M protokol kesehatan dan mengecek regulasi terbaru dari pemerintah daerah yang akan dikunjungi, demi kenyamanan sesama pengunjung dan warga lokal,” ujar Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa.

Di bawah ini beberapa rekomendasi tempat yang bisa dijadikan destinasi liburan bersepeda di Candi Borobudur.

Baca juga  Dorong Kebangkitan Ekonomi Dari Masjid, ISYEF dan BPH Migas Audiensi Pembangunan Pertashop

Pertama ada Desa Wringin Putih yang berada di 2,3 km dari area Candi Borobudur. Mata Anda bisa sangat dimanjakan dengan melihat indahnya pemandangan yang disuguhkan. Terdapat jajaran rumah bambu yang menjadi salah satu daya tarik dari desa tersebut. Jangan sampai menyesal melewatkan tempat ini ya, Scarf Lover.

Kemudian ada Desa Wanurejo yang terletak di kaki pegunungan Menoreh dan diapit antara Sungai Progo dan Sungai Sileng. Pemandangannya pun juga tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa bersepeda sambil menyegarkan pikiran dari hiruk pikuknya ibukota. Namun bila Anda tidak membawa sepeda jangan khawatir karena di Desa Wanurejo juga menyewakan sepeda dengan range harga Rp 15.000-50.000. Tidak hanya bermain sepeda, Anda juga bisa mengunjungi Museum Wayang.

image: tiket.com – Magelang, Central Java, Indonesia – May 4, 2019: people are cycling around the countryside with a still cool and beautiful atmosphere to maintain health and strengthen the body’s immunity

Berlanjut ke Desa Majaksingi yang berlokasi 3 km dari Candi Borobudur, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan disini, diantara membuat pot dari tanah liat sampai melakukan tutorial dengan pengrajin secara langsung. Jangan lupa juga untuk membeli biji kopi local dari desa ini, karena rasanya luar biasa.

Desa Tanjungsari juga tidak boleh ketinggalan, area berlatar belakang pegunungan Menoreh ini merupakan pemukiman warga yang memiliki mata pencaharian sebagai petan cabai dan tembakau. Desa Tanjungsari memiliki 5 benda purbakala peninggalan histori. Dua di antaranya adalah kepala arca Buddha yang diduga sebagai bagian dari Candi Borobudur pada masa pemugaran di tahun 1907-1911.

Baca juga  Lindungi Sumber Daya Genetik Indonesia dari Pihak Asing

Terakhir ada Desa Candirejo yang punya wisata air Sugai Progo. Anda bisa melakukan kegiatan rafting yang dilakukan secara tradisional, yakni menggunakan getek. Wah, sebuah pengalaman yang baru bukan? Anda bisa bersepeda sambil melihat indahnya pemandangan di Desa Candirejo.

Tentunya Anda sangat ingin menikmati seluruh pengalaman mengunjungi desa-desa di atas bukan? tiket.com juga menyediakan berbagai macam hotel yang aman dan juga nyaman karena telah memiliki label tiketCLEAN.

tiket.com juga telah ikut berpartisipasi dengan program Kemenparekraf yakni InDOnesia CARE yang selalu memastikan bahwa tempat wisata dan juga akomodasi telah menerapkan protoko kesehatan dan juga terverifikasi CHSE. Dalam upaya mendukung gerakan Kemenparekraf #DiIndonesiaAja, tiket.com pun turut menggelar tiket #DiIndonesia yang memberikan berbagai inspirasi liburan ke destinasi domestik, khususnya 5 Destinasi Superprioritas, di platform tiket.com.

(AA)

Translate »