Manfaatkan Aplikasi Tlusur untuk Menelusuri Destinasi Wisata Indonesia

Pandemi Covid-19 membuat industri pariwisata terpuruk karena terpaksa harus tutup untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu beberapa destinasi wisata sudah mulai kembali beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Dalam siaran pers (22/3) lalu, Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan akan memanfaatkan aplikasi “Tlusur” untuk menyediakan informasi destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia. 

Aplikasi “Tlusur” ini dikembangkan bersama PT Fantastis Anak Bangsa (FAB) untuk memberikan informasi-informasi seperti penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata, serta jumlah kapasitas pengunjung di destinasi tersebut.

Baca juga  Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia
Image: Instagram @sandiuno

“Aplikasi ini akan melaporkan penggunanya ketika suatu destinasi wisata itu dalam kapasitas kosong, begitu pun sebaliknya,” ucap Sandiaga dalam keterangannya, Minggu (21/3).

Menparekraf berharap bahwa aplikasi “Tlusur” ini dapat membantu pihaknya dalam melakukan proses testing dan tracing dari penderita COVID-19. Hal ini juga berkaitan erat dengan rencana pembukaan travel corridor di Bali.

Sementara itu, Chief Executive Officer PT FAB, Fritz Tobing, mengatakan aplikasi ini diharapkan memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat yang berwisata di masa pandemi COVID-19. 

Baca juga  3 Zona Hijau di Bali Jadi Bahasan Terkait Travel Corridor Arrangement

“Aplikasi ini konsepnya melindungi para wisatawan dengan update tracking terkini dan membagikan berbagai informasi dari destinasi wisata yang ada di Bali,” ujar Fritz.

Sandiaga juga menyampaikan aplikasi itu akan memasuki masa alpha testing dan akan dikolaborasikan dengan aplikasi tracing yang telah ada, seperti E-HAC dari Kementerian Kesehatan dan Peduli Lindungi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Aplikasi “Tlusur” ini nantinya akan diberlakukan di seluruh destinasi wisata yang ada di Indonesia. Jadi, masyarakat bisa mengeksplorasi berbagai destinasi wisata dengan aman dan nyaman. 

(PR)

Translate »