Manfaat Kesehatan Serai untuk Anak dan Balita

Scarf Lover tentu sudah tidak asing lagi dengan kata ‘serai’. Serai atau yang secara ilmiah dikenal sebagai Cymbopogon citratus merupakan tanaman yang biasa dibudidayakan pada benua seperti Asia, Afrika dan Australia dan di pulau-pulau tropis lainnya. Ternyata, serai juga termasuk dalam keluarga rumput. 

Selain dikenal untuk kegunaan kuliner, serai juga bisa jadi obat-obatan di banyak budaya Asia selama ratusan tahun sekarang. Rasa jeruknya yang lembut menjadikannya bahan favorit di banyak teh, sup, dan kari di seluruh Asia.

Minyak dari serai memiliki sifat hidrofobik yang dapat menjaga kelembaban agar tidak masuk  ke dalam daun dan mengawetkannya untuk durasi yang lebih lama. Hal tersebut sudah dianggap asli dari Asia Tenggara.

Mengutip dari laman parentinghealthybabies.com, minyak serai ini sudah lama digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk kesehatan anak dan balita seperti berikut:

1. Memiliki sifat anti bakteri

Daun serai mengandung sifat anti bakteri. Sifat anti-bakteri ini sangat berguna dalam mengendalikan Staphylococcus aureus, spesies bakteri yang mempengaruhi saluran pernapasan dan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa serai memiliki potensi besar sebagai antibakteri.

2. Memiliki sifat anti jamur

Selain memiliki sifat anti bakteri, serai juga memiliki sifat anti jamur. Beberapa spesies jamur seperti Candida diketahui menyebabkan infeksi pada manusia. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak serai dapat mengendalikan strain Candida ini, yang berarti ia juga memiliki peran yang menjanjikan dalam mengendalikan strain jamur.

Baca juga  Sulfur Sebagai Alternatif untuk Menangani Masalah Jerawat
image: pexels

3. Dapat mengurangi diare

Daun dan batang serai telah digunakan untuk mengendalikan diare dalam pengobatan tradisional di bagian timur laut India selama berabad-abad sekarang. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengambil daun dan batang serai serta merebusnya dalam air dapat mengurangi diare secara signifikan.

4. Dapat menyembuhkan penyakit pernafasan

Sereh dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi baik untuk meredakan batuk, pilek, hidung tersumbat dan penyakit pernafasan seperti asma bronkial.

5. Memiliki sifat pereda nyeri

Balita dan anak-anak berisiko besar mendapatkan waktu luang saat bermain.  Cara terbaik untuk meredakan rasa sakit secara alami dengan memberikan serai, daripada memberi mereka obat penghilang rasa sakit. Karena penelitian telah menunjukkan bahwa serai berpotensi mengurangi rasa sakit secara signifikan. Ini terutama berlaku dengan minyak serai.

6. Memiliki sifat anti inflamasi

Seperti disebutkan di atas, anak-anak dan balita bisa lebih terluka daripada orang dewasa, ada juga risiko peradangan berkembang. Peradangan ini bisa sangat dikurangi dengan memberi mereka teh serai. Penelitian telah menunjukkan bahwa serai dapat mengurangi peradangan secara signifikan.

7. Dapat melindungi liver dari kerusakan

Hati merupakan salah satu organ yang sangat tangguh di dalam tubuh. Tapi, terkadang hati pun bisa rusak dan itu membutuhkan intervensi dari luar. Ini benar dalam kasus hepatitis dan penyakit kuning. Seorang anak yang menderita penyakit tersebut dapat diberikan teh serai secara teratur untuk membalikkan kerusakan yang terjadi pada liver.

Baca juga  Inilah Tips untuk Membantu Bayi Anda Tidur Sepanjang Malam

8. Dapat digunakan sebagai pengusir serangga

Sereh sudah lama digunakan sebagai pengusir serangga, terutama melawan nyamuk. Hampir di seluruh belahan dunia, nyamuk menjadi masalah. Mereka bukan hanya gangguan, tetapi juga penyebab penyebaran infeksi seperti malaria, filaria, demam berdarah, dll. Menanam tanaman ini di dalam ruangan dapat mengurangi infestasi nyamuk sampai batas tertentu.

9. Memiliki sifat Anti-malaria

Ekstrak serai menunjukkan potensi yang sangat baik dalam mengendalikan protozoa malaria. Malaria telah diketahui telah membunuh jutaan orang. Laporan baru menunjukkan bahwa malaria yang menyebabkan protozoa sekarang telah meningkatkan daya tahannya terhadap pengobatan standar dan oleh karena itu, diperlukan jenis obat baru untuk mengendalikan malaria. Serai, dalam hal ini menunjukkan potensi yang menjanjikan.

Nah, itu dia manfaat dari serai. Secara umum, belum diketahui efek samping dari serai. Namun sebaiknya,  jika Anda memiliki alergi dengan gejala gatal-gatal,iritasi,bengkak,dll. Segera jauhkan serai dan berkonsultasi pada dokter. Khususnya ibu hamil atau yang sedang menyusui, harap berhati-hati.

Minyak serai harus dioleskan atau dikonsumsi langsung tanpa pengenceran. Aplikasi topikal dan konsumsi minyak serai murni dapat menyebabkan reaksi berbahaya dan iritasi kulit. Ini terutama benar dalam kasus anak-anak. Selamat Mencoba Scarf Lover! 

(TS)

Translate »