Manfaat Kesehatan Kulit Pisang

Pisang adalah buah yang manis dan lembut yang populer serta banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Namun, kulitnya yang tebal dan berserat merupakan sumber nutrisi yang kurang populer dan sering dibuang begitu saja. Meskipun bertentangan dengan apa yang diyakini banyak orang, kulit pisang tidak hanya aman dikonsumsi, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Selain manfaat nutrisi dari makan kulit pisang, ada juga manfaat lingkungannya, dengan memakan atau memanfaatkan kulitnya, Anda dapat membantu meminimalkan jumlah makanan yang dibuang ke tempat pembuangan sampah. Dilansir dari webmd.com, berikut ini keuntungan atau manfaat dari kulit pisang.

Baik pisang maupun kulit pisang mungkin menawarkan manfaat kesehatan yang berbeda tergantung pada tingkat kematangannya. Pisang hijau yang kurang matang mungkin lebih efektif dalam mengatasi masalah pencernaan, sedangkan pisang yang matang dan menghitam terbukti membantu sel darah putih melawan penyakit dan infeksi.

Manfaat kesehatan potensial dari kulit pisang:

  • Pereda Depresi
Baca juga  Selain Mengurangi Kolesterol, Ini Manfaat Lain dari Habbatussauda

Kandungan triptofan yang tinggi pada pisang, dikombinasikan dengan B6 pada kulit pisang, dapat membantu meredakan beberapa gejala depresi dan gangguan mood lainnya. Triptofan berubah menjadi serotonin saat rusak, yang dapat meningkatkan suasana hati Anda. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, yang berdampak positif pada suasana hati dari waktu ke waktu.

  • Kesehatan Pencernaan

Kulit pisang kaya serat dapat membantu mengatur sistem pencernaan, meredakan sembelit dan diare. Ini bisa menjadi manfaat yang sangat penting dari kulit pisang bagi penderita penyakit Crohn atau sindrom iritasi usus besar.

  • Penglihatan yang Lebih Baik

Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan mata Anda. Vitamin ini berlimpah di kedua pisang dan kulit pisang.

  • Dapat Menurunkan Resiko Kanker

Kulit pisang mengandung polifenol, karotenoid, dan antioksidan lain yang melawan radikal bebas penyebab kanker di tubuh Anda. Makan lebih banyak kulit pisang, terutama kulit hijau yang masih mentah, dapat meningkatkan kadar antioksidan Anda dan membantu mengurangi risiko kanker.

Baca juga  Turunkan Berat Badan Dengan Diet Vegetarian
Image: popsugar

Olahan Kulit Pisang

Kulit pisang bisa menjadi camilan sore yang sehat atau makanan penutup yang menyehatkan. Berbeda dengan bagian dalam pisang yang lembut dan manis, kulit pisang lebih keras dan lebih pahit. Semakin matang pisang, kulitnya akan semakin manis dan lembut. Penting juga untuk mencuci kulitnya secara menyeluruh untuk menghilangkan pupuk atau bahan kimia apa pun yang mungkin telah disemprot buah tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengolah kulit pisang agar semakin nikmat:

  • Dicampur menjadi smoothie
  • Digoreng dan dikaramel untuk digunakan sebagai topping es krim
  • Dipanggang dengan kayu manis dan gula
  • Rebus dan dimakan dengan sendok
  • Dibuat menjadi cuka pisang dan ditambahkan ke salad
  • Dimasak dengan daging di atasnya

Ternyata tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat bagi tubuh Anda, ya, Scarf Lover, tetapi kulit pisang pun mempunyai manfaat yang luar biasa.

(AR)

Translate »