Langkah Mudah Mencuci Botol Susu dengan Benar

Botol susu yang tidak dicuci dengan benar akan memicu perkembangan bakteri sehingga ASI ataupun susu formula dapat terkontaminasi. Hal ini bisa menyebabkan infeksi pada perut bayi karena sistem tubuhnya belum cukup kuat untuk melawan bakteri. 

Itulah alasan penting untuk menjaga kebersihan botol susu tetap steril. Tetapi, mencuci peralatan makan bayi seperti botol susu ternyata tidak sesederhana mencuci peralatan makan orang dewasa. 

Dilansir dalam laman CafeMom.com berikut langkah mudah mencuci botol susu dengan benar. 

1. Lepaskan semua komponen botol

Seringkali tersisa ampas susu pada bagian-bagian botol yang tidak terlihat. Jika dibiarkan, akan memicu pertumbuhan jamur dan bakteri di dalamnya sehingga bisa menimbulkan penyakit. Agar proses pembersihan maksimal, sebaiknya lepaskan semua komponen botol mulai dari dot, cincin untuk menutup dot sampai tutup botol. 

Baca juga  Tips Anti Bosan Dalam Menjalankan Hubungan Rumah Tangga

2. Mencuci tiap bagian dengan benar

Segera bersihkan botol susu setelah digunakan menggunakan air hangat dan sabun. Caranya cukup dengan merendam botol susu dengan melepaskan semua komponennya di air hangat. Kemudian, barulan cuci botol susu menggunakan sabun untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan bau tak sedap pada botol susu.

3. Gunakan sikat khusus

Image: Instagram @motherk.kmom.id

Sebaiknya, Anda membeli botol susu yang sudah satu paket dengan sikat botol di dalamnya. Mencuci botol susu dengan menggunakan spons dan sikat biasa masih dianggap kurang efektif karena tidak bisa menjangkau lekuk dan sudut-sudut pada botol. Jangan menggunakan sikat botol susu bayi dengan alat makan lainnya karena bisa menyebabkan kontaminasi silang.

4. Hilangkan bau dengan baking soda atau cuka 

Baca juga  3 Cara Mudah Kembangkan Empati Anak Sejak Dini

Bau tak sedap pada botol susu bayi bisa dihilangkan dengan menggunakan baking soda atau cuka putih. Caranya cukup dengan tuang 1sdm baking soda atau cuka putih dan tambahkan air panas setengah botol. Kocok dan diamkan selama beberapa menit, buang isinya lalu cuci seperti biasa.

5. Gunakan wadah khusus

Hindari mencuci langsung di tempat cucian piring, gunakan wadah khusus untuk mencucinya. Tuang air panas dan sabun di dalam wadah, sikat satu per satu komponen botol bayi dengan gerakan memutar benar-benar bersih, bilas di bawah air mengalir dan keringkan di rak piring. Pastikan botol terkena udara dan sinar matahari sebagai disinfektan alami.

Nah, itulah beberapa langkah mudah untuk mencuci botol susu dengan benar. Semoga bermanfaat ya, Scarflover. (PR)

Translate »