Lakukan Hal Berikut Agar Merasa Siap Saat Bersalin

Rasa cemas pada orang yang baru mengandung tentu merupakan hal yang wajar. Namun, ada baiknya segala kebingungan hingga rasa cemas dalam pikiran itu langsung dikonsultasikan pada ahlinya.

Biasanya, calon Ibu yang baru pertama kali mengandung ini binggung tentang apa yang harus mereka lakukan untuk kebaikan dirinya dan calon Anak ketika bersalin nanti. 

Daripada cemas dan bingung, sebaiknya Scarf Lover ikuti tips berikut agar lebih siap menghadapi persalinan. 

1. Bergabung dengan kelas persalinan

Selama proses mengandung calon bayi, ada baiknya Anda mengikuti kelas persalinan. Jangan ragu untuk mendaftarkan diri Anda. Karena, tujuan dari bergabung dengan kelas persalinan agar Anda lebih siap ketika bulan kelahiran tiba. Selama mengikuti kelas bersalin, perbanyaklah bertanya tentang hal-hal yang mungkin Anda belum ketahui secara pasti hingga hal-hal yang menurut Anda tidak masuk akal tapi harus dilakukan. Tanyakan secara detail pada ahlinya 

2. Menjauh dari hal-hal yang membuat Anda cemas

Cemas menuju proses persalinan adalah hal yang wajar. Apalagi untuk perempuan yang baru pertama kali melahirkan. Namun, jangan menambah kecemasan Anda dengan tontonan atau mendengar cerita-cerita orang yang sebelumnya sudah pernah mengalami kecemasan. Hal tersebut bukan hanya menggambarkan proses persalinan tapi juga akan menambah kecemasan Anda. Ada baiknya, memilih informasi yang baik-baik untuk Anda konsumsi agar pikiran Anda selalu rilex, enjoy dan membuat semakin siap menuju proses bersalin demi kebaikan Ibu dan calon buah hati.

Baca juga  IDAI Imbau Pentingnya Vaksin Campak Bagi Anak

3. Cari dukungan

Mencari support system atau dukungan selama proses bersalin itu perlu. Agar Anda semakin bersemangat dengan kehadiran orang-orang yang menanti kehadiran buah hati Anda. Biasanya, support system kita bisa seperti orangtua, suami, orangtua mertua, kakak/adik, teman-teman hingga diri kita sendiri pastinya yang paling mengetahui keadaan yang kita rasakan.

image: pexels

4. Bagikan rasa ketakutan Anda 

Jangan ragu untuk memberitahu dokter jika merasa cemas, takut, ragu dan segala macam yang membuat diri Anda tidak tenang. Konsultasikan langsung ke dokter agar diberikan tips atau ide untuk mengurangi kecemasan menuju bersalin. Jika dokter Anda nampaknya tidak mendengarkan atau kurang berbelas kasih, pertimbangkan untuk mencari dokter baru.

5. Minta untuk dipijat

Sentuhan pijatan mungkin hal yang Anda butuhkan selama persalinan. Karena sentuhan dapat membantu meredakan ketegangan tubuh wanita.  Mengutip dari laman parents.com bahwa pijat melepaskan endorfin, dan zat kimia pada otak yang membuat kita merasa nyaman. Menggosok leher atau kaki bisa sangat bermanfaat untuk mengalihkan pikiran wanita dari kontraksi. Dengan meminta pada pasangan atau pelatih persalinan untuk menerapkan pijatan pada ketiga teknik ini.

  • Tekan tulang ekor. Dengan setiap kontraksi, pasangan Anda menekan tulang ekor Anda dengan tumit tangannya atau bola tenis.
  • Belaian punggung. Pasangan Anda dengan lembut menggerakkan ujung jarinya ke atas bahu dan punggung Anda.
  • Tekan panggul. Sambil berdiri di belakang Anda, pasangan Anda meletakkan tangannya di pinggul Anda dan menariknya kembali dengan kuat di setiap kontraksi (Anda memberi tahu dia kapan). Manuver ini juga bisa membantu sedikit membuka panggul untuk memberi ruang bagi bayi Anda.
Baca juga  Gemas, Lihat Keakraban Rieta Amilia dengan Cucunya

6. Atur tempat yang nyaman ketika bersalin

Tempat atau kamar menunggu proses bersalin penting untuk diatur kenyamanan, lampu hingga keadaan sekitar agar lebih rilex menunggu kontraksi . Mintalah pada pasangan Anda untuk membuat proses bersalin seperti rumah sendiri. Seperti, minta redupkan lampu, pilih tempat yang cukup tenang hingga menambahkan aroma yang menenangkan jika Anda menyukainya.

Nah, itu dia yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri Anda menuju proses persalinan. Intinya, jangan terlalu setres dan cape dalam mengerjakan setiap kegiatan ya Scarf Lover. Semoga proses persalinan Anda lancar, Aamiin.

(TS)

Translate »