Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi

Salah satu cara termudah menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan rutin menyikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari.

Sayangnya, diantara rutinitas membersihkan gigi masih terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Sehingga lama kelamaan membuat kebiasaan tersebut berdampak pada kerusakan gigi.

Di bawah ini ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menyikat gigi seperti yang dikutip dari laman Insider.

Tidak menyikat semua permukaan

Segera hentikan bila Anda hanya menyikat gigi pada permukaan yang terlihat. Karena sangat penting untuk memberi perhatian pada area-area yang sulit dijangkau, seperti di bagian dalam dan juga luar. Saat menyikat gigi, usahakan untuk mencapai sudut-sudut gigi, terutama yang digunakan untuk mengunyah makanan. Tujuannya agar gigi menjadi jauh lebih sempurna.

Tidak membersihkan lidah

Baca juga  Hilangkan Rasa Malas dengan Surah Al-Kahfi

Tidak hanya gigi, namun lidah juga menyimpan banyak bakteri dan harus rutin dibersihkan. Maka dari itu, setelah menyikat gigi, usahakan untuk pula menyikat area lidah secara lembut dan perlahan agar lidah juga senantiasa bersih dan sehat.

image: pixabay

Menyikat gigi terlalu sebentar

Waktu yang disarankan untuk menyikat gigi adalah dua puluh menit. Jangan terlalu sebentar karena Anda perlu memastikan area-area lain sudah ikut tersikat dengan sempurna. Karena bila menyikat gigi dilakukan dengan terburu-buru dikhawatirkan maish ada kotoran yang menempel.

Malas mengganti sikat gigi

Buat jadwal rutin untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Sikat gigi yang sudah mengembang akan membuat proses pembersihan menjadi tidak sempurna karena bulu-bulu yang rusak tidak bisa masuk ke celah-celah terkecil.

Baca juga  Teh Herbal Ini Manjur Mencegah Berbagai Penyakit

Menggunakan bulu sikat gigi yang terlalu keras

Saat membeli sikat gigi, tentu ada beberapa pilihan bulu yang disediakan, dari mulai halus, sedang hingga kasar. Ternyata, bulu yang halus dan lembut lebih disarankan karena lebih ampuh untuk membersihkan, dan yang terpenting tidak akan membuat gusi jadi terluka.

image: unsplash

Hanya sikat gigi sehari sekali

Untuk mengurangi bakteri dan penumpukan plak, penting untuk menyikat gigi dua kali sehari. Menyikat gigi dua kali sehari tidak hanya mengurangi bau mulut, tetapi juga mengurangi risiko penyakit gusi dan mengurangi noda gigi.

Menyikat gigi terlalu cepat setelah makan

Setelah makan, jangan langsung buru-buru untuk menyikat gigi karena dapat menghilangkan enamel gigi. Lebih baik, beri jeda sekitar 30 menit sebelum menyikat gigi.

(AA)

Translate »