Jelajahi 8 Tempat Ajaib di Indonesia yang Jarang Diketahui Banyak Orang

477

Dengan budaya yang kaya dan banyaknya pemandangan alam yang memesona, Indonesia adalah tambang emas bagi banyak pelancong pecinta petualangan dan alam. Namun, tahukah Anda, bahwa tidak hanya Bali dan Lombok saja yang terkenal dengan keindahannya, percayalah, bahwa 8 tempat ajaib ini sebenarnya adalah permata yang tersembunyi di Indonesia sendiri. Satu hal yang pasti – Anda tidak perlu pergi jauh untuk menemukan harta karun! Apa saja kah 8 tempat ajaib yang jarang diketahui banyak orang tersebut? Simaklah berikut ini.

1. Danau Kaolin, Pulau Belitung

Image: lotuswisatabelitung.com

Keindahan Bangka Belitung memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi nuansa pantai dengan batuan-batuan besar yang indah. Namun, keindahannya bukan hanya sekadar pantainya saja. Ada yang namanya Danau Kaolin, ya, sekilas memang mirip seperti Kawah Putih di Ciwidey. Tetapi, Danau biru yang indah ini ternyata letaknya ada di Pulau Belitung. Pemandangan yang begitu memesona sepanjang mata memandang. Timbunan-timbunan galian seperti bukit di sekitar area danau yang berwarna putih. Daratan bawah danau yang tertutup oleh air terlihat berbeda. Jika air sedang surut, daratan tersebut akan kelihatan seperti gula putih yang bersih. Ditengah danau nampak sebuah daratan yang seakan menghubungan antara ujung danau.

2. Gunung Kelimutu, Flores

Image: indonesiakaya.com

Gunung Kelimutu adalah tempat favorit bagi para pendaki antuasias. Kelimutu adalah rumah bagi bukan hanya satu, bukan dua, tetapi tiga danau kawah cantik yang memiliki warna uniknya sendiri, dari biru cerah hingga coklat tanah. Kita bisa membayangkan betapa indahnya matahari terbit dari ketinggian ini. Terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau Kawah Gunung Kelimutu memiliki keindahan yang sangat mempesona dan begitu indah sehingga mampu menjadi daya tarik bagi para pengunjung domestik maupun mancanegara. Para pelancong bahkan mau berjalan kaki menaiki puluhan anak tangga yang cukup menanjak, untuk melihat lanskap Danau Kelimutu dari ketinggian. Dari puncak, pengunjung dapat melihat panorama 360 derajat yang mengelilingi Danau Kelimutu. Pelancong pun rela menanjak di pagi hari hanya untuk menyaksikan keindahan sunrise dari puncak Gunung Kelimutu.

3. Pulo Cinta Eco Resort

Image: superadventure.co.id

Apa tempat yang lebih baik untuk menampilkan romantisme nan puitis selain di resor yang dibangun berbentuk hati? Pulo Cinta Eco Resort yang indah terletak di sebuah pulau kecil, tapi jangan tertipu dengan ukurannya. Dari menjelajahi situs penyelaman yang belum tersentuh dan melihat bintang hingga makan malam dengan cahaya lilin yang manis di pantai, semuanya menarik. Jadi, tida perlu jauh-jauh ke Maldives untuk menikmati keindahan semua ini.

4. Danau Labuan Cermin

Image: superadventure.com

Danau Labuan Cermin ini terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tempat wisata ini dikelola oleh masyarakat sekitar serta bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin. Danau ini memiliki dua rasa, asin (air laut) di bagian dasar dan tawar di bagian permukaan. Fenomena alam disebut juga sebagai Meromictic lake. Alasan dinamakan Labuan Cermin karena airnya begitu bening seperti cermin. Danau Labuan Cermin adalah danau tempat Anda bisa “mengapung”. Airnya sangat jernih sehingga Anda dapat melihat langsung ke bawah, dan bahkan melihat pantulan diri Anda yang sempurna di dalam air saat cahaya mengenai sudut yang tepat!

5. Pulau Mangiatan (Pulau Sembilan)

Image: labuanbajotour.com

Pulau Mangiatan ini disebut juga Atol Mangiatan, yaitu sebuah pulau karang eksotis yang terletak di Pulau Mangiatan tepatnya di Kepulauan Komodo. Di pulau Mangiatan ini terdapat banyak atol yang bentuknya setengah putaran menyerupai angka 9 atau cincin dengan warna karang putih kecoklatan dengan bagian tengahnya berupa blue lagoon di antara air asin. Di sini Anda akan dapat melihat gugusan terumbu karang yang jernih dan keindahan alam lain di sekitarnya yang menarik.

6. Omah Kayu Paralayang

Image: pesonabromo.com

Omah Kayu Malang atau Rumah Pohon Paralayang ini terletak di kawasan Obyek Wisata Gunung Banyak, Desa Pandesari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Gunung Banyak ini merupakan tempat yang terkenal sebagai lokasi untuk wisata Batu Paragliding atau Paralayang Batu Malang. Dari pusat Kota Malang berjarak sekitar 30km. Jika Anda ke sini, tempat wisata di Malang yang dekat dengan penginapan Omah kayu adalah AIr Terjun Coban Rondo, Wisata Songgoriti, Air Terjun Supit Urang, Coban Sewu dan Air Terjun Sumber pitu Pujon. Lokasinya terjangkau dekat dengan tempat dan objek wisata di Batu Malang lainya seperti Jawa Timur Park ( Jatim Park ), Museum Angkut, dan tempat wisata lainnya.

7. Argapura, Majalengka

Image: pegipegi.com

Argapura terletak di sebuah kecamatan di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini berjarak sekitar 15 Km dari ibu kota Kabupaten Majalengka. Ibu kotanya berada di Desa Sukasari Kidul. Nama Argapura menurut arti gramatikal, dari kata “Arga” yang berarti Gunung dan “Pura” yang berarti Kota. Jadi, bisa diartikan sebagai kota yang berada di daerah Pegunungan. Kecamatan Argapura merupakan kawasan pertanian dan perkebunan di kaki Gunung Ciremai.

8. Brown Canyon, Semarang

Image: indonesia-tourism.com

Brown Canyon merupakan sebuah bekas penambangan tanah di Meteseh, Tembalang, Semarang. Lokasi ini menjadi salah satu lokasi yang populer di Semarang dan dianggap mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Kemiripan ini terletak pada bukit-bukit yang berubah menjadi tebing-tebing curam. Panoramanya yang indah menjadikan Brown Canyon sebagai salah satu objek wisata dan tempat yang cocok bagi yang suka fotografi. Jika sedang di Semarang, Anda dapat menjadikan Brown Canyon ini sebagai salah satu daftar jalan-jalan Anda.

Itulah 8 tempat ajaib yang jarang diketahui banyak orang. Apakah Scarf Lover tertarik mengunjungi salah satunya?

(AR)