Ini Dia Alasan Pentingnya Menggunakan Kacamata Hitam

165

Scarflover, siapa yang suka mengenakan kacamata hitam atau sunglasses saat berpergian? Tentunya ini bisa menunjang penampilan jadi makin fashionable kan? Menggunakan kacamata gelap ternyata memiliki fungsi yang baik terhadap kesehatan mata yang belum disadari oleh orang banyak. 

Jadi, bukan hanya sekadar untuk bergaya saja, inilah alasan pentingnya menggunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan.

1. Melindungi Mata Dari Sinar Matahari

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mata yang terkena paparan sinar matahari secara berlebihan bisa mengakibatkan mata terasa seperti terbakar sehingga memberikan dampak buruk pada kesehatan mata. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kacamata hitam saat berkendara, di pantai, maupun saat berada di luar ruangan.

2. Mencegah Kerusakan Mata

Sinar ultraviolet yang berasal dari matahari bukan hanya bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit kelopak mata, tapi bagian mata lainnya seperti kornea, lensa, dan retina juga bisa mengalami kerusakan. Dengan menggunakan kacamata hitam dapat mengurangi risiko kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

Image: pexels

3. Mencegah Katarak

Biasanya penyakit katarak muncul akibat faktor usia yang terus bertambah, namun katarak juga bisa terjadi ketika sering terkena paparan sinar ultraviolet dari matahari. Bahkan bukan hanya katarak saja, sinar ultraviolet juga bisa menjadi pemicu penyakit mata lainnya, seperti pterigium, pinguekula, dan degenerasi makula. 

4. Menghindari Risiko Fotokeratitis

Fotokeratitis adalah kondisi rusaknya kornea mata karena paparan sinar ultraviolet dalam waktu lama. Gejala fotokeratis berupa sensasi perih dan mata bengkak akibat kornea yang mengalami peradangan. Mengenakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan bisa mencegah risiko fotokeratitis. 

Nah, Scarflover sudah tahu kan alasan pentingnya menggunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan. Yuk mulai sekarang biasakan untuk pakai kacamata hitam ya!

(PR)